Dinamika Kinerja Aparatur dalam Mewujudkan Akuntabilitas Pelayanan Kelurahan

Dinamika Kinerja Aparatur dalam Mewujudkan Akuntabilitas Pelayanan Kelurahan

Penulis

  • Anto Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Salimang Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Nuryanti Mustari Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35967/njip.v23i1.718

Kata Kunci:

Akuntabilitas, Kinerja Aparatur, Pelaksanaan Pelayanan

Abstrak

Akuntabilitas kinerja instansi publik, termasuk di Kantor Kelurahan Rampoang Kota Palopo, sangat penting untuk menjamin tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat, namun sering kali belum terwujud sepenuhnya, yang terlihat dari masalah seperti lambatnya pelayanan administratif dan kurangnya integritas aparat. Berdasarkan analisis VOSviewer, belum pernah dikaji penelitian yang mengaitkan akuntabilitas aparatur dengan pelaksanaan pelayanan di Kelurahan Rampoang Kota Palopo. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui tentang akuntabilitas kinerja aparatur dalam pelaksanaan pelayanan di Kelurahan Rampoang kota Palopo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang melakukan pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabel yang diharapkan di kantor Kelurahan Rampoang belum berjalan maksimal disebabkan SDM aparatur dikantor Kelurahan Rampoang masih dibawah rata-rata hal ini mengakibatkan lambatnya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sedangkan akuntabel dari aparat masih minim dapat ditemukan dikantor Kelurahan Rampoang masih banyak keluhan dari masyarakat terkait pelayanan khususnya akuntabel proses dan akuntabel kejujuran sehingga peneliti memberikan beberapa rekomendasi yaitu perlu adanya peningkatan SDM aparatur karena mampu mempengaruhi pelaksanaan pelayanan di kantor Kelurahan Rampoang. Data dari kantor kelurahan tersebut menunjukkan bahwa meskipun ada kepuasan dengan kecepatan layanan dan sikap petugas, masih ada kekhawatiran mengenai efisiensi waktu, kualitas layanan, dan transparansi biaya, menekankan perlunya perbaikan dalam aspek ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abubakar, L., & Handayani, T. (2023). The Environmental Fund Management Model in Indonesia: Some Lessons in Legal Regulation and Practice. Environmental Policy and Law, 53(2–3), 205–217. https://doi.org/10.3233/EPL-230013

Aji, D. K. P., Ariyanto, R., Rahutomo, F., Ismail, A., & Batubulan, K. S. (2021). Public Service Innovation Through the Application of Mobile-Based Smart City Concepts in Sukun Sub-district, Malang City. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1073(1), 012059. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1073/1/012059

Anwar, C., Handoko, V. R., & Novaria, R. (2022). Public Service Performance Accountability: Case Study at Surabaya Zoo, Indonesia. International Journal of Current Science Research and Review, 5(8), 3118–3122. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V5-i8-38

Banha, F., Flores, A., & Coelho, L. S. (2022). Quantitizing Qualitative Data from Semi-Structured Interviews: A Methodological Contribution in the Context of Public Policy Decision-Making. Mathematics, 10(19), 3597. https://doi.org/10.3390/math10193597

Blihar, ?. ?. (2021). Administrative Law – The Legal Basis of Realization of Public Administration. Uzhhorod National University Herald Series Law, 66, 178–182. https://doi.org/10.24144/2307-3322.2021.66.48

Budiyanti, H., Yamin, A., & Patiro, S. P. S. (2019). Public Service Motivation Measurement: A Test of Perry’s Scale in Indonesia. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 23(1), 16–32. https://doi.org/10.22146/jkap.39653

Busalova, S., Gubarev, A. V., Fedos’kina, L. A., & Egorov, M. S. (2023). The Content of the Human Resource Management Process in the Quality Management System. Obshchestvo i Ekonomika, 4, 40–52. https://doi.org/10.31857/S020736760025162-7

Ediwijoyo, S. P., Yuliyanto, W., & Waluyo, A. (2020). Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan Penyuluhan Tata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 354–363. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.412

Eriksson, E., Andersson, T., Hellström, A., Gadolin, C., & Lifvergren, S. (2020). Collaborative Public Management: Coordinated Value Propositions Among Public Service Organizations. Public Management Review, 22(6), 791–812. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1604793

Ferizaldi. (2018). Model Akuntabilitas Birokrasi di Era Otonomi Khusus Aceh (Tinjauan terhadap Tes Shalat dan Baca Al-Qur’an di Kabupaten Aceh Barat Daya). Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 17(29), 14–21. https://doi.org/10.35967/jipn.v17i29.7055

Holidin, D., & Hariyati, D. (2017). Failing Supports of Transparency against Corruption in Business Permit Service in Indonesia. Proceedings of the International Conference on Administrative Science, Policy and Governance Studies (ICAS-PGS 2017) and the International Conference on Business Administration and Policy (ICBAP 2017), 182–192. https://doi.org/10.2991/icaspgs-icbap-17.2017.25

Ismiyati, A. A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Banten). Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa, 4(1), 89–101. https://doi.org/10.35448/jratirtayasa.v4i1.5504

Johannes, A. W. (2021). Praja Mengabdi di Masa Pandemi COVID 19: Sebuah Bunga Rampai. Rtujuh Media Printing.

Kaffah, F., Desbanita, I., Hafizah, A., & Adlin. (2023). Nepotism in Village Government: A Case Study of Government Administration in Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2015–2020. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(1), 103–113. https://doi.org/10.35967/njip.v22i1.449

Kurniasih, D., Setyoko, P. I., & Imron, Moh. (2017). Problems of Public Accountability in Village Government Business Management (Study on Village Business Enterprises in Banyumas, Indonesia). Journal of Public Administration and Governance, 7(4), 147–164. https://doi.org/10.5296/jpag.v7i4.11850

Kutika, N., Posumah, J. H., & Mambo, R. (2021). Akuntabilitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 7(105), 86–93. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/34869

Larson-Hall, J., & Plonsky, L. (2015). Reporting and Interpreting Quantitative Research Findings: What Gets Reported and Recommendations for the Field. Language Learning, 65(S1), 127–159. https://doi.org/10.1111/lang.12115

Mamonto, I. A., Gaffar, & Purwanto. (2023). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Pelayanan pada Kantor Camat Dungingi Kota Gorontalo. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 100–114. https://doi.org/10.59713/jipik.v2i2.578

Manu, I. D. A. G., Subawa, I. M., Yasa, P. G. A. S., & Kasih, D. P. D. (2022). Narrow Concept of Accountability in Public Sector Expenditure: Measuring Accountability Proportionately and Progressively. Journal of Social Sciences and Management Studies, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.56556/jssms.v1i1.37

Mokoagow, M., Ogotan, M., & Londa, V. Y. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Manado. Jurnal Administrasi Publik, 4(52). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/19230

Mukrimin. (2023). Governance: An Analysis of Governmental Change. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(1), 74–86. https://doi.org/10.35967/njip.v22i1.390

Nassaji, H. (2015). Qualitative and Descriptive Research: Data Type Versus Data Analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Priliandani, N. M. I., Irianto, G., Roekhudin, & Prihatiningtias, Y. W. (2023). Synergity in the Implementation of Government Agencies Performance Accountability System. Journal of Law and Sustainable Development, 11(11), e1588. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i11.1588

Putra, I. M. A. W. W., & Huda, M. N. (2022). Implementation of Good Village Governance in Tourism Industry Development. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(2), 145–160. https://doi.org/10.35967/njip.v21i2.365

Putri, S. S., & Wicaksono, B. (2018). Persepsi Publik terhadap Kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru dalam Pengendalian Banjir Tahun 2015-2017. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 17(30), 78–93. https://doi.org/10.35967/jipn.v17i30.7061

Raharja, E. L., Baga, L. M., & Falatehan, A. F. (2018). Strategi Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kota Bogor. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 10(2), 60–75. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v10i2.27787

Ropi, P., Wijaya, A. F., & Papilaya, F. S. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Kantor Desa dalam Memberikan Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. Buletin Poltanesa, 22(1). https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i1.465

Rozak, D. A., & Gayah, I. G. (2017). Peranan Strategi Anti Fraud dan Audit Kepatuhan dalam Mencegah Fraud pada Inspektorat Kabupaten Ciamis. Jawara: Jurnal Wawasan dan Riset Akuntansi, 5(1), 46–56. https://doi.org/10.25157/jwr.v5i1.1399

Sadat, A. (2019). Analisis Kinerja Aparatur Pemerintah Kecamatan dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kantor Camat Medan Denai. Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 9(2), 14–19. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/article/view/1785

Sartono, Suaib, E., Amir, M., & Sukotjo, E. (2022). Implementation of Performance Accountability in Improving the Quality of Public Services. Journal of Humanities and Social Sciences Studies, 4(3), 170–176. https://doi.org/10.32996/jhsss.2022.4.3.15

Setyawati, I. E. (2021). Pengaruh Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung. KarismaPro: Jurnal Manajemen, 12(2), 17–31. https://doi.org/10.53675/karismapro.v12i2.505

Sharon, I., Drach-Zahavy, A., & Srulovici, E. (2022). The Effect of Outcome vs. Process Accountability-Focus on Performance: A Meta-Analysis. Frontiers in Psychology, 13, 795117. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.795117

Suluh, D., Dewi, K., Yulianti, D. B., & Yusdiawan, I. A. (2022). Analisis Hambatan E-Government: Sebuah Kajian Teoritis. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 95–106. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.336

Sunahwati, E., Maarif, M. S., & Sukmawati, A. (2019). Human Resources Development Policy as a Strategy for Improving Public Organizational Performance. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 23(1), 50–62. https://doi.org/10.22146/jkap.37957

Susanto, H., & Fadhillah, S. (2022). Akuntabilitas dan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmiah Acton: Jurnal Administrasi Publik, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.36841/acton.v18i1.1843

Trisakti, F., Herabudin, & Irnawati, Z. (2019). Evaluasi Program Peningkatan Profesionalisme Aparatur Pemerintahan Desa Rancamulya Kabupaten Sumedang. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 11(1), 44–53. https://doi.org/10.15575/jpan.v11i1.7635

Yunus, R. (2022). Pembangunan Desa dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kebijakan Dana Desa: Kasus Partisipasi Masyarakat Desa di Kabupaten Luwu Timur. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(2), 231–243. https://doi.org/10.35967/njip.v21i2.359

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Anto, Salimang, & Mustari, N. (2024). Dinamika Kinerja Aparatur dalam Mewujudkan Akuntabilitas Pelayanan Kelurahan. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 23(1), 135–144. https://doi.org/10.35967/njip.v23i1.718

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Loading...