Kebijakan Jurnal

Fokus dan Ruang Lingkup

Naskah dapat berupa ringkasan hasil penelitian, review teoritis, atau artikel ilmiah.

Fokus dan ruang lingkup Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan:

  1. Pemerintahan dan Politik Lokal
  2. Partai Politik dan Sistem Perwakilan Politik
  3. Manajemen Pemerintahan dan Birokrasi
  4. Pemerintahan Desa
  5. Kajian Pemerintahan Melayu

Frekuensi Publikasi

Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Setiap edisi berisikan 8 artikel dalam bahasa Indonesia.


Pernyataan Akses Terbuka

Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan merupakan jurnal akses terbuka yang artinya semua konten tersedia secara gratis untuk pengguna atau institusinya. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, atau menggunakannya untuk tujuan sah lainnya, tanpa meminta izin sebelumnya dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan definisi Budapest Open Access Initiative (BOAI) mengenai akses terbuka.


Biaya Pemrosesan Artikel

Setiap artikel yang dikirimkan ke Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan tidak dikenai biaya.

Biaya pemrosesan naskah dikenai biaya Rp250.000 dan dikenakan biaya tambahan Rp50.000 untuk versi cetak per eksemplar. Pembayaran gratis untuk penulis internasional. Biaya ini termasuk proses review, pengeditan, penerbitan, pemeliharaan, dan pengarsipan, dan memungkinkan akses langsung ke versi teks lengkap dari artikel.

Biaya pemrosesan artikel harap ditransfer ke:
Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan
BNI 0153844698 (Kode Bank: 009)
atas nama Ibu Rury Febrina

Kirimkan bukti pembayaran Anda ke file tambahan di akun penulis dan nomor WhatsApp: +62 852-6378-7870 atau email: nakhoda@ejournal.unri.ac.id

Pengecekan Plagiasi

Dalam penerbitannya, Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan sangat menentang setiap kasus penjiplakan atas kepentingannya sendiri. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan berkomitmen untuk mencegah plagiarisme, termasuk plagiarisme diri.

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat. Naskah yang ditemukan dengan masalah seperti itu secara otomatis ditolak dan penulis sangat disarankan. Juga, bagian penting dari karya tersebut belum dipublikasikan.

Sebelum penulis menyerahkan naskah ke Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan sekurang-kurangnya dicek dulu untuk menggunakan pemeriksa plagiarisme. Saat mengirimkan artikel terbitan untuk pemeriksaan keaslian, Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan merekomendasikan penggunaan Pemindai Plagiarisme Turnitin dari https://www.turnitin.com. Tingkat kesamaan yang dibolehkan di Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan maksimal 25 persen. Sebelum menggunakan Turnitin untuk pertama kali, kami sangat menyarankan agar penulis membaca petunjuk penggunaan alat pendeteksi plagiarisme ini.