Implementasi Inovasi Layanan Digital Sabdopalon (Sistem Administrasi Berita Data Deso dan Pelayanan Online) di Kabupaten Jombang

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.35967/njip.v22i2.574

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, E-Government, Inovasi Sabdopalon

Abstrak

E-government menjadi salah satu upaya untuk menciptakan manajemen pemerintahan yang baik (good governance) termasuk diciptakannya sebuah inovasi layanan digital yaitu Sabdopalon di Kabupaten Jombang guna meningkatkan kualitas pelayanan di desa. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi inovasi layanan digital desa Sabdopalon dalam mewujudkan e-government serta hambatan dalam penerapannya. Untuk mengetahuinya digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan elemen keberhasilan e-government menurut Harvard JFK School of Government, yaitu Support, Capacity, dan Value. Hasil penelitian menunjukkan implementasi e-government melalui inovasi layanan digital Sabdopalon belum terlaksana dengan baik. Meskipun sudah terdapat jaminan secara hukum oleh pemerintah setempat, namun dari segi infrastruktur belum cukup mendukung dan sosialisasi yang kurang menyeluruh. Kaitannya dengan kapasitas sumber daya manusia masih belum optimal, namun untuk anggaran sudah mencukupi. Dari segi nilai sudah baik, adanya Sabdopalon memudahkan masyarakat mendapatkan layanan khususnya persuratan administrasi desa. Adapun hambatan yang ditemui diantaranya kurangnya SDM yang paham IT dengan baik, banyak masyarakat belum mengetahui adanya layanan Sabdopalon, dan belum meratanya jaringan internet Berdasarkan hal tersebut, pemerintah desa setempat perlu mengoptimalkan penerapan layanan Sabdopalon melalui sosialisasi menyeluruh dan penyediaan infrastruktur pendukung, serta pemerataan jaringan internet agar manfaat layanan Sabdopalon bisa dirasakan masyarakat secara meluas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asyikin, A. N., Fitri, R., & N, A. S. B. (2015). Pengukuran Tingkat Kesiapan Kantor Pemerintahan Desa dalam Penerapan Masterplan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Perkantoran Desa Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1. Jurnal Poros Teknik, 7(2), 54–105. https://doi.org/10.31961/porosteknik.v7i2.215

Cuadrado-Ballesteros, B., Santis, S., & Bisogno, M. (2021). Public-sector Financial Management and E-government: The Role Played by Accounting Systems. International Journal of Public Administration, 45(8), 605–619. https://doi.org/10.1080/01900692.2020.1868506

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Farida, I., & Lestari, A. (2021). Implementation of E-Government as a Public Service Innovation in Indonesia. RUDN Journal of Public Administration, 8(1), 72–79. https://doi.org/10.22363/2312-8313-2021-8-1-72-79

Gallego-Álvarez, I., Rodríguez-Domínguez, L., & García-Sánchez, I. M. (2010). Are determining factors of municipal E-government common to a worldwide municipal view? An intra-country comparison. Government Information Quarterly, 27(4), 423–430. https://doi.org/10.1016/j.giq.2009.12.011

Haqq, M. F., & Umiyati, S. (2022). Efektivitas Program Layanan E-KLAMPID di Kecamatan Bulak Kota Surabaya. 1(2), 22–28.

Heri, H., Sandika, F., Apriliani, F., Ramadhan, G., & Adilah, H. (2021). Revolusi Industri 5.0 Dalam Perspektif Ekologi Administrasi Desa. Neo Politea, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.53675/neopolitea.v2i1.291

Holle, E. S. (2011). Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service. Sasi, 17(3), 21. https://doi.org/10.47268/sasi.v17i3.362

Indrajit, R. E. (2006). Electronic Government?: Konsep Pelayanan Public Berbasis Internet dan Teknologi Informasi. In APTIKOM.

Iza, I. N., Habibi, M. M., & Sukriono, D. (2022). Penerapan Prinsip Good Governance dalaml Pelayanan Publik di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang. Jurnal Civic Hukum, 7(1), 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.21371

Karim, N., Hendriyaldi, & Rohayati, W. (2020). PUBLIKA?: Jurnal Ilmu Administrasi Publik Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Melalui. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 135–150. https://doi.org/10.25299/jiap.2020.vol6(2).5964

Klievink, B., Romijn, B. J., Cunningham, S., & de Bruijn, H. (2017). Big data in the public sector: Uncertainties and readiness. Information Systems Frontiers, 19(2), 267–283. https://doi.org/10.1007/s10796-016-9686-2

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. In Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Lenak, S. M. C., Sumampow, I., & Waworundeng, W. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Electronic Government Di Dinas Pendidikan Kota Tomohon. Jurnal Governance, volume 1 N(1), 1–9. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/34301

Mansur, M., & Kasmawi, K. (2017). Pengembangan Sistem Database Terpadu Berbasis Web Untuk Penyediaan Layanan Informasi Website Desa. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i1.2017.73-82

Marande, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Geangrejo Kecamatan Poso Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(73), 33–39.

Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, Vi(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jipsi.v6i1

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i2.2898

Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan pelayanan publik e-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32–42. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/758/547

Patricia, E., Hayat, & Suyeno. (2023). PUBLIKA?: Implementasi E-Office Sabdopalon Jombang Sebagai Langkah Menuju Pemerintahan Digital. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 77–89. https://doi.org/10.25299/jiap.2023.vol9(1).12085

Rachman, E. S., & Noviyanto, B. (2017). Pemanfaatan E-Government Pada Desa Wonokarto Untuk Meningkatkan Akurasi Dan Informasi Potensi Desa. Technology Acceptance Model, 8(1), 45–50.

Rachmatullah, N., & Purwani, F. (2022). Analisis Pentingnya Digitalisasi & Infrastruktur Teknologi Informasi Dalam Institusi Pemerintahan?: E-Government. Jurnal Fasilkom, 12(1), 14–19. https://doi.org/10.37859/jf.v12i1.3512

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf

Russo, C., Ghezzi, C. M., Fiamengo, G., & Benedetti, M. (2014). Benefits Sought by Citizens in Multichannel e-government Payment Services: Evidence from Italy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 109, 1261–1276. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.623

Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian (2 (Edisi R). Pustaka Almaida. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Sari, K. D. A., & Winarno, W. A. (2012). Implementasi E-Government Systemdalam Upaya Peningkatan Clean and Good Governance Di Indonesia. JEAM: Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, XI(1), 1–19.

Satriyo, R. S. B., Kurniawan, B., & R. Asti Aulia. (2021). Implementasi Aplikasi PANGKAS (Gampang Ngurus Berkas) Pada Pelayanan Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang. Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa), 1(2), 126–139. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.4246

Syaputra, A. (2021). Aplikasi E-Kelurahan Untuk Peningkatan Pelayanan Administrasi dalam Mendukung Penerapan E-Government. MATRIK?: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 379–388. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1180

Ulfa, C. R. M., & Rodiyah, I. (2021). Population Administration Service Innovation Through Kenduren Mas Program (Kendaraan Urun Rembuk Masyarakat) Pasuruan Regency. Indonesian Journal of Public Policy Review, 15, 1–12. https://doi.org/10.21070/ijppr.v15i0.1137

Utomo, S. C. (2022). Implementasi Aplikasi Klampid Sebagai Inovasi Disruptif Pelayanan Publik Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6519–6524.

Zica, T. D., & Fanida, E. H. (2022). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Melalui Aplikasi Administrasi Kependudukan Cepat Akurat Terintegrasi (PANDU CAKTI) di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung. Publika, 10(2), 487–498. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p487-498

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Dewi Nur Laila, F., & Habibi, M. M. (2023). Implementasi Inovasi Layanan Digital Sabdopalon (Sistem Administrasi Berita Data Deso dan Pelayanan Online) di Kabupaten Jombang. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(2), 165–179. https://doi.org/10.35967/njip.v22i2.574

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.