Sistem Operasional Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Sebagai Modal Pelayanan Sipil Dinas Perizinan Pemerintah Kota Yogyakarta

Penulis

  • Baskoro Wicaksono Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jipn.v13i1.3219

Kata Kunci:

pelayanan publik, pelayanan satu atap, efektifitas pelayanan

Abstrak

Pelayanan Publik Prima adalah pelayanan yang berada dalam satu atap instansi. Di Yogjakarta pelayanan satu atap diwujudkan dalam bentuk pendirian Dinas Perizinan yang sebelumnya bernama Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA). Keberadaan dinas baru ini membawa perubahan terhadap pola pelayanan sehingga mendapat respon baik dari masyarakat. Studi ini memuat rumusan masalah sebagai berikut; Pertama, Bagaimana produksi dan distribusi “public services” Dinas Perizinan Kota Yogyakarta sebagai Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA). Kedua, Bagaimana bentuk standar Pelayanan Publik yang digunakan sehingga mendapatkan penghargaan Pelayanan Prima Tingkat Nasional. Ketiga, Bagaimana respon masyarakat terhadap kualitas standar pelayanan publik di Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian fenomenologis. Teknik pengambilan data menggunakan dua jalan, yakni wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil studi memperlihatkan adanya perubahan lembaga, yaitu UPTSA menjadi “Dinas Perizinan” membawa dampak positif bagi pelayanan publik, dimana dahulu lambat, tidak transparan dan tidak akuntabel serta tidak ramah bertransformarsi menjadi cepat, transparan, responsif, ramah dan akuntabel. Disisi lain penggunaan teknologi informasi menjadi senjata utama untuk mempermudah, memperbaiki dan mempercepat pelayanan. Hal ini membuat masyarakat memberikan respon dan apresiasi positif terhadap kualitas pelayanan publik di bidang perizinan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji , Firman B. dan Sirait, Martin.1982.PDE Perencanaan dan Evaluasi;Suatu sistem Untuk Proyek Pembangunan.Jakarta:Bina Aksara

Denzin, K.Norman dan Lincoln, S. Yvonna.2009.Handbook Of Qualitative Reseaech.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Diharna.2008.Administrasi Pemerintahan Daerah..Cirebon:Swagati Press

Prasetyo,Budi.2006.Partisipasi Politik Lokal;Evaluasi Program Dasar Pembangunan Partisipatif.Surabaya:Karya Indah Press

-------------------.2009.Pemberdayaan Masyarakat;Pembangunan Manusia Dalam Politik Lokal.Surabaya:Lutfansah Mediatama

Rasyid, Ryaas, Gaffar, M. Affan, Syaukani.2000.Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Sabarno, Hari.2008.Untaian Pemikiran Otonomi Daerah:Memandu Otonomi Daerah, Menjaga Kesatuan Bangsa.Jakarta:Sinar Grafika

Suyanto, Bagong dan Sutinah.2006.Metode Penelitian Sosial.Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 17 Tahun 2007

Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2007-2011

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2007-2011

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-02-23

Cara Mengutip

Wicaksono, B. (2016). Sistem Operasional Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Sebagai Modal Pelayanan Sipil Dinas Perizinan Pemerintah Kota Yogyakarta. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(21). https://doi.org/10.35967/jipn.v13i1.3219

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama