Analisis Faktor-faktor dalam Pembangunan di Desa Sei Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Authors

  • Rafida Ulfa Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau
  • Wan Asrida Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau
  • Raja Muhammad Amin Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau
  • Baskoro Wicaksono Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jipn.v18i31.7806

Keywords:

kebijakan, pelaksanaan, pembangunan desa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembangunan yang terjadi di desa sei putih Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar yang berjalan kurang efektif sesuai dengan musrenbang desa yang telah dibuat oleh Pemerintah Desa. Beberapa pembangunan yang direalisasikan tidak tercapai penyelesaian pembangunan sepenuhnya sehingga bangunan yang dibuat belum bisa digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini akan membahas factor-faktor yang menghambat dalam pembangunan di desa sei baru dan menganalisis factor-faktor tersebut dilihat dari isi kebijakan dan lingkungan kebijakan.Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder sesuai dengan regulasi . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa factor-faktor yang menpengaruhi dalam pembangunan di desa sei putih kecamatan tapung kabupaten Kampar dilihat dari indikator isi kebijakan dan lingkungan kebijakan menjelaskan bahwa pelaksanaan pembangunan masih belum optimal. Hal ini dikarenakan kepentingan-kepentingan yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pembangunan yang tidak konsisten dan pengambil keputusan dari tingkat pimpinan dalam hal ini kepala desa yang belum mampu mengelola keuangan desa dengan baik dalam pembangunan dan pelaksana program yang tidak professional sehingga terjadi keterlambatan. Sedangkan melalui lingkungan kebijakan daya patuh masyrakat yang masih belum optimal di desa sei putih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulia, R. A., & Saputra, N. (2019). Kontribusi Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam.

Mulia, R. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal EL-RIYASAH, 9(1), 7-21.

Nugroho, Riant, 2004. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Patiliman, Hamid, 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Putri, R. P. (2018). Pemeriksaan Penggabungan Gugatan Ganti Kerugian Dalam Perkara Pidana Di Pengadilan Negeri Kelas 1B Bukittinggi. Soumatera Law Review, 1(1), 176-197.

Sujianto, 2009. Pemberdayaan Menuju Masyarakat Mandiri. Pekanbaru: Alfa Riau.

, 2008. Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Praktek. Pekanbaru: Alfa Riau.

Strauss, Anselm & Corbin Juliet. 2003. Dasar- Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno, Budi . 2012. Kebijakan Publik, Teori, Proses dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Published

2020-11-03

How to Cite

Ulfa, R., Asrida, W., Amin, R., & Wicaksono, B. (2020). Analisis Faktor-faktor dalam Pembangunan di Desa Sei Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(31), 54–63. https://doi.org/10.35967/jipn.v18i31.7806

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.