Pelayanan Publik pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Tahun 2013

Penulis

  • Wan Asrida Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau
  • Rafni Puspita Pohan Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jipn.v13i1.3218

Kata Kunci:

pelayanan publik, faktor obstruksi, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Abstrak

Sudah sejak lama pelayanan kesehatan melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) memiliki pencitraan yang rendah. Khususnya pelayanan kesehatan dasar dengan pengobatan rawat jalan yang menunjukkan permasalahan lambatnya pelayanan, sarana prasarana yang kurang memadai apotik dan laboratorium), terbatasnya sumber daya dokter (spesialis), kompetensi petugas pelayanan (dokter dan perawat), dan kuantitas serta kualitas obat-obatan yang kurang mendukung dalam pelayanan kesehatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Danim, Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta.

Dwiyanto, Agus. 1995. Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kumorotomo, Wahyudi. 2001. Manajemen pelayanan Publik. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada

Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Rasyid, Muhamad Ryaas. 1997. Makna Pemerintahan Tinjauan Dari Segi Etika dan Kepemimpinan. Jakarta: Yarsif Watampone

Sedarmayanti, 2004, Ilmu Pemerintahan, Bandung: Refika Aditama

Sinambela, L P. 2008. Reformasi Pelayanan publik. Jakarta: Bumi aksara

Sumart, Hetifah sj. Inovasi, Partisipasi dan Good Governance. 2009. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M./PAN/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 741/Menkes/Per/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten/Kota.

Alwis. 2005. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JIANA). Volum 2 Nomor 1. Kualitas Pelayanan Publik. Pekanbaru

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-02-23

Cara Mengutip

Asrida, W., & Pohan, R. (2016). Pelayanan Publik pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Tahun 2013. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(21). https://doi.org/10.35967/jipn.v13i1.3218

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama