Pengembangan Political Will Pemerintah Desa Memberdayakan Petani Aren di Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar

Authors

  • Ali Yusri Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Adlin Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7826

Keywords:

politicall will, pemerintah desa, aren

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa Pasal 6 ayat 2, dinyatakan bahwa Kepala desa memiliki tugas untuk memberdayakan masyarakat desa. Selanjutnya dalam Pasal 6 ayat 3 poin disebutkan bahwa pemberdayaan tersebut termasuk pemberdayaan dibidang ekonomi. Tanaman Aren mempunyai potensi memberdayakan ekonomi masyarakat desa dengan potensi hasilnya yang jauh lebih tinggi dibandingkan kebun karet maupun sawit. Menurut Asosiasi Aren Indonesia Provinsi Riau, sangat sedikit pemerintah desa yang mau memberdayakan ekonomi masyarakat melalui budidaya Aren. Hal unik terlihat di desa Koto Tuo Barat, berupa sudah ada beberapa orang masyarakat Desa Koto Tuo Barat telah mulai menanam tanaman aren dan pemerintah desa Koto Tuo Barat terlihat mempunyai komitmen memberdayakan masyarakat melalui tanaman aren sebagaimana dimuat dibeberapa media massa. Dengan demikian politicall will pemerintah desa Koto Tuo Barat memberdayakan masyarakat melalui budidaya aren menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan menggambarkan sejauhmana polititicall will pemerintah desa yang diukur dengan beberapa indikator. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan mewawancara pihak terkait yaitu kepala desa dan perangkat desa serta masyarakat Koto Tuo Barat, serta Asosiasi Aren Indonesia Daerah Riau dan Asosiasi Aren Indonesia Daerah Kampar. Selain itu profil desa dan dokumen lainnya digunakan untuk memperkuat temuan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan Pemerintah desa Koto Tuo Barat telah memiliki komitmen mengembangkan budidaya aren untuk meningkatkan ekonomi masyarakat diukur dari indikator inisiatif, pilihan kebijakan. Namun masih lemah dalam hal memobilisasi para pihak, komitmen publik dan pengalokasian anggaran yang memadai untuk pengembangan budidaya aren, kemauan belajar dan beradaptasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asim Mujki?, “AN INTRODUCTION TO POLITICAL WILL,” in Political will: a short introduction Case study - Bosnia and Herzegovina, 2015.

D. W. Brinkerhoff, “Unpacking the concept of political will to confront corruption,” U4 Brief. 2010.

J. W. Creswell, Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta: KIK Press 160, 2002.

W. L. Neuman, Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. 2011.

Peraturan Menteri Dalam Negeri, Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.

Goriau.com, “„ Panen Aren 10 Kali Untung dari Kelapa Sawit, Masyarakat Siak Mulai Lirik ini?. Akses 17 Maret 2019,”

(https://www.goriau.com/berita/baca/panen-aren-10-kali-untung-dari-kelapasawit-masyarakat-siak-mulai-lirikini.html).

finance. Detik.com, “„ Penasihat Energi Prabowo sebut Petani Aren Bisa Raup Rp 4 juta / bulan?. Akses 18 Maret 2019.,”

(https://finance.detik.com/energi/d-2597377/penasihat-energi-prabowosebut-petani-aren-bisa-raup-rp-4-jutabulan).

News. Analisadaily.com, ““ Aren diklaim Lebih Menguntungkan dibanding Kelapa Sawit “ . Akses 18 Maret 2019.,”(http://news.analisadaily.com/read/arendiklaim-lebih-menguntungkan-darikelapa-sawit/225620/2016/03/29).

Riau Mandiri. Co., “„ Pemda Kampar Dukung Budidaya Tanaman Aren Oleh AAI?. Akses 18 Maret 2019.,”(https://www.riaumandiri.co/news/detail/50930/pemda-kampar-dukung-budidayatanaman-aren-oleh-aai.html).

Published

2020-11-03

How to Cite

Yusri, A., & Adlin. (2020). Pengembangan Political Will Pemerintah Desa Memberdayakan Petani Aren di Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(2), 117–128. https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7826

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.