Penguatan Reformasi Birokrasi Menuju Era Society 5.0 di Indonesia

Penulis

  • Andika Yasa Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Suswanta Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • M. Rafi Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Fajar Rahmanto Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Deni Setiawan Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Mochammad Iqbal Fadhlurrohman Magister Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35967/njip.v20i1.139

Kata Kunci:

Reformasi Birokrasi, SDM Aparatur, Society 5.0

Abstrak

Memasuki era society 5.0, pemanfaatan teknologi sudah mulai mempertimbangkan aspek-aspek humaniora terhadap proses penyelesaian masalah yang ada di sektor publik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan reformasi birokrasi menuju era society 5.0 melalui tata kelola perencanaan pengembangan SDM Aparatur oleh KemenPANRB. Kemudian, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data secara sekunder dari referensi terdahulu seperti buku, jurnal, serta dokumen publik yang berkaitan dengan fokus penelitian dan dianalisis menggunakan software NVivo12 Plus dengan pendekatan Cluster Analysis. Temuan studi ini menunjukkan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah melakukan penguatan reformasi birokrasi melalui tata kelola perencanaan berbasis sistem merit di mana pada tahapan rekrutmen, pengangkatan, dan promosi, dilakukan pemeriksaan komparatif terhadap tingkat keahlian dan kompetensi masing-masing aparatur yang memenuhi persyaratan jabatan dengan tetap memperhatikan aspek integritas dan moralitas. Namun, penguatan reformasi birokrasi menuju era society 5.0 di Indonesia mengalami berbagai hambatan terkait masih dominannya patologi birokrasi, budaya korupsi, serta ketidaksiapan birokrasi akan pemanfaatan teknologi dan informasi dalam orientasi pelayanan publik kepada masyarakat. Oleh karena itu, Perencanaan pengembangan SDM Aparatur oleh KemenPANRB dalam memperkuat reformasi birokrasi menuju era Society 5.0 harus dilakukan secara tepat dengan merespons berbagai hambatan yang terjadi serta segala bentuk perubahan lingkungan dan perkembangan zaman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus. (2019). Patologi Birokrasi dan Agenda Strategi: Kolaborasi Pendekatan New Public Management dan New Public Service Melalui Model Melalui Model Citizen`s Charter. POLITEA?: Jurnal Kajian Politik Islam, 2(1), 77–90.

Arief, N. N., & Saputra, M. A. A. (2019). Kompetensi Baru Public Relations (PR) Pada Era Artificial Intelligence. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.19

Azhary, V. H. (2019). Nepotisme Dan Gratifikasi Sebagai Unsur Budaya Pada Korupsi Politik Dan Birokrasi Di Indonesia. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 754–762. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.437

Bandur, A. (2019). Penelitian Kualitatif, Studi Multi-Disiplin Keilmuan dengan NVivo 12 Plus (Edisi Pertama). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Faedlulloh, D., Yulianto, & Karmilasari, V. (2019). Bureaucratic Reform in the Second Period: Promoting Agenda for Structural Reform and Mindset. LPPM Unila-Institutional Repository. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15253

Fajriah, U. R., & Razak, M. R. R. (2020). Pengaruh Perilaku Birokrasi Terhadap Pelayanan Publik Di Desa Timoreng Panua Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Praja, 8(1), 48–56.

Farida, A. (2019). Studi Pustaka tentang Perkembangan Teknologi dan Peningkatan Kepatuhan Pajak: Apakah Berbanding Lurus? Moneter - Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6(2), 135–140. https://doi.org/10.31294/moneter.v6i2.6183

Faruqi, U. Al. (2019). Future Service in Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.

Hadi, K. (2016). Korupsi Birokrasi Pelayanan Publik Di Era Otonomi Daerah. Jurnal Penelitian Politik, 51–70. Retrieved from ejournal.lipi.go.id

Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 4(1), 25–37. Retrieved from journal.unhas.ac.id/index.php/jakpp

Hartanto, D. (2019). Kajian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kepolisian Resort Kota Medan. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Adminstrasi Publik, 7(2), 71–87. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31289/publika.v7i2.2805

Hasan, N. (2012). Corak Budaya Birokrasi Pada Masa Kerajaan, Kolonial Belanda Hingga Di Era Desentralisasi Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Hukum, 28(2), 1073–1087.

Henriyani, E. (2017). Menumbuhkan Budaya Birokrasi Yang Inovatif Dan Berdaya Saing Global. 6–10.

Hidayat, E. S. (2019). Kinerja Pelayanan Birokrasi Dalam Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2), 43–49. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2260

Islah, K. (2018). Peluang Dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi Big Data Untuk Mengintegrasikan Pelayanan Publik Pemerintah. Jurnal Reformasi Administrasi, 5(1), 130–138.

Karningsih. (2019). Demokratisasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 15(29), 60–72.

Kurniati, P. N., & Nugroho, B. Y. (2019). The Urgency of the Implementation of the Cashless Government System in Building a Transparent and Accountable Bureaucracy. Jurnal Administrasi Publik, 9(2), 136–150. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v9i2.2655

Maizunati, N. A. (2018). Implementasi Data Sektoral Terbuka Dalam Mendukung Smart Governance Di Kota Magelang. Journal of Public Administration and Local Governance, 2(2), 31. https://doi.org/10.31002/jpalg.v2i2.1082

Mardawani, & Relita, D. T. (2019). Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang Dalam Mewujudkan Visi Pemerintahan Dan Good Governance. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 109–116. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nashihuddin, W., & Suryono, F. (2018). Tinjauan Terhadap Kesiapan Pustakawan dalam Menghadapi Disrupsi Profesi di Era Library 4.0: Sebuah Literatur Review. Khizanah Al-Hikmah?: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 6(2), 86. https://doi.org/10.24252/kah.v6i2a1

Nasution, D. A. D., Nasution, A. P., & Alpi, M. F. (2019). Pengaruh Penerapan Smart ASN Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara di Era Disrupsi Teknologi Indonesia 4.0. Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi, 43–51.

Nurhasanah, & Yusnalia. (2019). Bureaucratic Pathology Study In Administrative Services Of The Population In Jekan Raya District Office Of Palangka Raya City. Pencerah Publik, 6(1), 1–10. Retrieved from http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pencerahstudi

Parjaman, T., Soedarmo, U. R., & Enas. (2019). Penguatan Kapasitas Aparatur Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah Di Era Global. Journal of Management Review, 1, 29–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/mr.v3i3.2869

Purwaningsih, A. S., Afifuddin, & Abidin, A. Z. (2019). Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Studi Kasus Pada Pelayanan Kartu Keluarga Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Jurnal Respon Publik Volume, 13(4), 82–86.

Rahadian, A. . (2019). Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Stiami, 6(1), 85–94.

Rivai, F. H. (2019). Bureaucracy Culture Enforcement To Encounter Industrial Revolution 4.0. Jurnal Transformasi Administrasi, 9(2), 128–138.

Rustandi. (2019). Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(2), 67–73.

Sakti, B. (2019). Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah Dalam Sumber Daya Manusia Di Era Reformasi. Pareto?: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 2(1), 35–44.

Salgues, B. (2018). Society 5.0 Industry of the Future, Technologies, Methods and Tools. London: ISTE Ltd.

Saluky. (2018). Tinjauan Artificial Intelligence untuk Smart Government. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 03(01).

Setiawan, A., & Fauzi, E. A. (2019). Etika Kepemimpinan Politik Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Indonesia. JPK: Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan, 1(1), 1–12.

Sihite, M. (2018). Peran Kompetensi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0: Suatu Tinjauan Konseptual. Jurnal Ilmiah Methonomi Volume, 4(2), 145–159.

Sirih, S. H., Ismail, I., & Juharni. (2019). Development Strategies Of Human Resources In BKPSDM Majene District. Jurnal Paradigma, 1(2), 1–6.

Soekarsono, R. (2019). Merubah Mindset Asn Menjadi Disruptive Mindset Sebagai Faktor Penentu Suksesnya Implementasi Industri 4.0 Di Indonesia. Prosiding Seminar Stiami, 6(1), 67–84.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK?: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 102–110. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Umam, M. K. (2019). Dimensi Kepemimpinan Transformatif Era Disrupsi Perspektif Manajerial Birokrasi. Al-Wijdán: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 126–146. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wardani, A. K. (2019). Urgensi Inovasi Pelayanan Bidang Administrasi Publik Di Era Disrupsi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2), 30–35. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2258

Wasitarini, D. E. (2019). Perpustakaan Satu Data ( One Data Library ). Jurnam Madika, 5(2), 26–39.

Yudoprakoso, P. W. (2019). Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Sebagai Alat Bantu Proses Penyusunan Undang-Undang Dalam Upaya Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Simposium Hukum Indonesia, 1(1), 450–461.

Yuhefizar, Sanjani, H., & Chadri, R. (2019). Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government) Dengan Pendekatan Bottom-Up Berbasis Web Di Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 2(1), 303–309.

Zaenuri, M. (2015). Manajemen SDM di Pemerintahan (Edisi 1). Yogyakarta: LP3M UMY.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-30

Cara Mengutip

Yasa, A., Suswanta, S., Rafi, M., Rahmanto, F., Setiawan, D., & Iqbal Fadhlurrohman, M. . (2021). Penguatan Reformasi Birokrasi Menuju Era Society 5.0 di Indonesia. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 27-42. https://doi.org/10.35967/njip.v20i1.139

Terbitan

Bagian

Articles