Evaluasi Program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) di Kabupaten Pelalawan Tahun 2010-2013

Penulis

  • Zamira Ulfa Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau
  • Muhammad Ridwan Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/jipn.v13i2.3225

Kata Kunci:

evaluasi, OPRM, Pelalawan

Abstrak

Beras adalah bahan makanan pokok masyarakat Indonesia, termasuk di riau. Sejalan dengan itu pemerintah membentuk program peningkatan produksi padi dalam rangka untuk meningkatkan produksi padi di provinsi riau, yaitu program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) meliputi cara bercocok tanam yang lebih baik ( indeks IP 100 sampai IP 200 kk) dengan mencetak sawah baru dan rehabilitasi sawah yang sudah ditinggalkan. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan yang meliputi program OPRM di kabupaten tersebut. Studi ini difokuskan pada Pelalawan karena mengingat adanya sejumlah permasalahan yang terjadi di lapangan, yaitu realisasi program operasi pangan riau makmur yang tidak sesuai dengan target. Fokus penelitian adalah masalah SDM, infrastruktur, hasilhasil program dan faktor yang menghambat pelaksanaan program.

Penelitian ini adalah deskriptif di mana para peneliti menyediakan atau gambar deskripsi dari fenomena sosial atau belajar dengan mandiri menggambarkan secara sistematis dan variabel yang tepat. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengamatan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dalam Pelalawan gagalnya pelaksanaan OPRM dilihat dari indikator daya manusia, dan infrastruktur yang memadai dan faktor faktor yang memengaruhi daya manusia SDM yang masih rendah, infrastruktur yang memadai, peran kurangnya lapangan kerja dan kurang aktif di titik pos koordinasi di tingkat kabupaten kota dan tingkat desa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budi Winarno. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.

Emzir.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali

Hanif Nurcholis.2005.Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta. Grasindo.

Inu Kencana Syafiie. 2011. Manajemen Pemerintahan. Bandung :Pustaka Reka Cipta.

Penyunting : Roem Topatimasang, dkk. 2005. Mengubah Kebijakan Publik. Yogyakarta : Insist Press

Wirawan. 2011. Evaluasi ( Teori, Model, Standar, Aplikasi dan profesi) Jakarta. Rajawali pers

Riant Nugroho. 2013. Metode Penelitian Kebijakan. Yogyakarta. Pustaka pelajar

Riant nugroho. Pubic policy ( dinamika kebijakan, analisis kebijakan, manajemen kebijakan ). Jakarta. Elex Komputindo

Salim dkk. 2006. Perancangan Kontrak dan Momerandum of Understanding ( mou ). Jakarta. Sinar grafika. Jakarta

Solahuddin Kusumanegara.2010. Model dan aktor dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta .Gava Media

Solichin Abdul Wahab. 2012. Analisis Kebijakan dari formulasi kepenyusunan model -model implementasi kebijakan publik. Jakarta. Bumi Aksara.

Subarsono.2005. Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sri handayani. Ilmu politik dalam kebijakan kebijaksanaan. Yogyakarta .Gosyen Publishing.

Totok Mardikanto dan Poerwoko soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung .Alpabeta

Wayne Persons. 2005. Public Policy Pengantar Teori dan Prakatik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Widodo.2012.Cerdik Menyusun Proposal Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta Timur : Magna Script Publishing.

Dino predi. Jurnal Demokrasi & 0tonomi Daerah “Peranan Badan Ketahanan Pangan dalam Peningkatan Ketahanan Pangan”. Volume 10. Nomor 1 Juni 2012.

Muchlis Hamdi. Membangun Kebijakan Publik yang administratif - Jurnal Ilmu Pemerintahan. Pengurus Pusat Ilmu Pemerintahan ( MIPI )

Skripsi Firmasnyah .2008. Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Pengentasan Kemiskinan di Kec. Kampar Kiri Hulu ( Studi Kasus Pengembangan Kecamatan ( PKK ) tahun 2006. Skripsi Jurusan Ilmu Pemerintahan IP FISIP UR.

Skripsi Lasino. 2011. Dinamika Pemerintah dan Implementasi Program Pengembangan Tanaman Padi di Kec. Bunga Raya. Kabupaten Siak tahun 2010. Skripsi Jurusan Ilmu Pemerintahan IP FISIP UR.

Tesis Deflides Gusni.2012. Studi Implementasi Kebijakan Operasi Pangan Riau Makmur di Kabupaten Kuantan Sengingi. Program Pasca Sarjana Fisip Universitas Riau.

Yoanita Omardan Ernawati. 2013. Jurnal Administrasi Pembangunant tentangAnalisa Implementasi Program Operasi Pangan Riau Makmur. Volume 1, Nomor 3.

Bambang, D dan Rati Riana. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamidi. 2004. Metode penelitian kualitatif. Aplikasi praktis pembuatan proposal dan laporan penelitian. Malang: UMM PRESS.

Pusat bimbingan dan pengembangan bahasa departemen Pendidikan Nasional RI . 2010. Panduan EYD dan tata bahasa Indonesia. Jakarta : Redaksi TransMedia

Tim Penyusun Buku Pedoman penulisan dan prosedur Ujian Fisip Universitas Riau. 2008. Pedoman penulisan dan prosedur ujian skripsi fisip unri. Pekanbaru: UR PRESS

Widodo. 2012. Cerdik menyusun proposal penelitian skripsi, thesis, dan disertasi. Jakarta Timur : Magna Scrift Publishing

Pelalawan dalam angka 2013. Badan pusat Statistik Kabuapaten Pelalawan.

Kuala Kampar dalam angka 2013. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pelalawan.

http ://Respository.usu.ac.id

http ://Kab.Pelalawan.go.id

Unduhan

Diterbitkan

2016-02-23

Cara Mengutip

Ulfa, Z., & Ridwan, M. (2016). Evaluasi Program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) di Kabupaten Pelalawan Tahun 2010-2013. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(22). https://doi.org/10.35967/jipn.v13i2.3225

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.