Digitalisasi Politik dalam Proses Pemilu 2024
Praktik Komodifikasi Rakyat dalam Perspektif Psikoanalisis
DOI:
https://doi.org/10.35967/njip.v23i1.667Kata Kunci:
Pemilu, Psikoanalisis, KomodifikasiAbstrak
Pemilu merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu negara yang menganut sistem demokrasi. Pemilu merupakan sebuah ajang untuk kepentingan menduduki seluruh lini sektor yang ada. Segala sesuatu dilegalkan dalam pemilu, alhasil makna memanusiakan manusia hanya sebatas konsep. Pemilu mengubah cara pandang terhadap sesuatu menjadi sangat penting dan meniadakan hakikat sebenarnya dari suatu hal. Tulisan ini membahas bagaimana pola disrupsi manuver partai untuk mendapatkan hak pilih dari masyarakat dengan memanfaatkan digitalisasi pada pemilu 2024. Berbagai cara dilakukan bahkan dibenarkan untuk mencapai hal yang diinginkan meski tidak bisa dimaafkan. Metode penulisan menggunakan tinjauan literatur dan data akan diperoleh melalui studi literatur dari buku, jurnal, web, dan realitas yang berkaitan dengan berita yang relevan dengan tidak meninggalkan unsur permasalahan yang diteliti. Hasil dan analisis dalam tulisan ini menjadi tolak ukur bagaimana suatu kelompok dapat menarik kelompok yang sudah ada. Serta sebagai tindak lanjut dalam menghadapi kontestasi politik di masa depan.
Unduhan
Referensi
Areza, T. S. M., Akbar, F., Ikhsan, E., & Nasution, M. (2023). Demokratisasi dalam Proses Rekrutmen Kepengurusan Partai Politik di Indonesia. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(2), 1276–1286. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4862
Boestam, A. B., Prakosa, A., & Avianto, B. N. (2023). Upaya Partai Politik dalam Memanfaatkan Demokrasi Virtual di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i1.2281
detikNews. (2024, March 15). Cerita di Balik Caleg Kalah Putus Aliran Air Warga. detikNews. https://news.detik.com/pemilu/d-7242512/cerita-di-balik-caleg-kalah-putus-aliran-air-warga?single=1
Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), 5–16. https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154
Hamson, Z. (2021). Politik Uang di Pemilu Indonesia: Sebuah Tinjauan. Journal of Communication Sciences (JCoS), 4(1), 36–44. https://doi.org/10.55638/jcos.v4i1.339
Hasanal Bolqiah, L., & Raffiudin, R. (2020). Dominasi Oligarki dan Ketidakhadiran Partai Politik Hijau di Indonesia. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 151–167. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.112
Hidayati, F. R. (2021). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 145–161. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2385
Indrawan, J., Rosa, A. J., Ilmar, A., & Nathanael, G. K. (2021). Partisipasi Politik Masyarakat di Era Politik Siber. Journal of Political Issues, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/jpi.v3i1.44
Ismandianto, I., Albintani, M., Suprianti, N., & Putri, F. M. (2023). Kontestasi Calon Presiden Republik Indonesia 2024 di Media Sosial Hasteg #Prabowo, #AniesBaswedan di Twitter. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(2), 137–150. https://doi.org/10.35967/NJIP.V22I2.554
Komariah, K., Sumartias, S., & Prastowo, A. A. (2020). Democracy Among the Millennials (A Phenomenology Study on Democracy Dialectics in the Millennium Age Among University Students in West Java). European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(8), 1212–1222.
KPU. (2022, December 30). Berikut 24 Partai Politik Peserta Pemilu 2024. KPU. https://www.kpu.go.id/berita/baca/11315/berikut-24-partai-politik-peserta-pemilu-2024
Lemhannas RI. (2022, August 9). Pemilu 2024 Waktunya Demokrasi Gagasan, Bukan Demokrasi Pengkultusan. Lemhannas RI. https://www.lemhannas.go.id/index.php/publikasi/press-release/1670-pemilu-2024-waktunya-demokrasi-gagasan-bukan-demokrasi-pengkultusan
Muhtadi, B. (2019). Politik Uang dan New Normal dalam Pemilu Paska-Orde Baru. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 5(1), 55–74.
Noak, P. A. (2023). Politik Hukum, Demokrasi Digital, dan Kekuasaan Partai Politik Menyongsong Pemilu 2024 di Indonesia. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 12(3), 612. https://doi.org/10.24843/JMHU.2023.V12.I03.P09
Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik Digital di Indonesia. Alhiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 10(2), 31–40. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v10i2.7548
Pramelani, P., & Widyastuti, T. (2021). Persepsi Milenial terhadap Gaya Kepemimpinan Calon Presiden Tahun 2024. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(2), 106–118. https://doi.org/10.35967/njip.v20i2.196
Pureklolon, T. T. (2021). Eksistensi Budaya Politik di Indonesia: Sebuah Kajian. Jurnal Communitarian, 3(1), 405–430. https://doi.org/10.56985/jc.v3i1.147
Rohmah, I. Y. A. (2023). Imajinasi Ruang Politik Digital: Identitas, Ekspresi, dan Kontestasi Politisi di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi, 3–15. https://www.pkns.portalapssi.id/index.php/pkns/article/view/86
Rohmanudin. (2024, March 12). Ngambek, Caleg Gagal Putus Aliran Air Warga di Cilegon. RRI.co.id. https://www.rri.co.id/daerah/589710/ngambek-caleg-gagal-putus-aliran-air-warga-di-cilegon
Silitonga, N., & Roring, F. P. (2023). Politik Digital: Strategi Politik Elektoral Partai Politik dalam Kampanye Pemilu Presiden. Jurnal Communitarian, 4(2), 676–690. https://doi.org/10.56985/JC.V4I2.319
Tinov, T., & Wicaksono, B. (2015). Gaya Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo dalam Menyikapi Isu-Isu Kebijakan Publik Melalui Media Massa. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 14(24). https://nakhoda.ejournal.unri.ac.id/index.php/njip/article/view/47
Vira, A., Sumantri, P., & Azis, A. (2024). Peranan Tokoh Intelektual Muda dalam Perkembangan Politik di Indonesia pada Era Digital. Polyscopia, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.57251/polyscopia.v1i1.1235
Yandra, A., Faridhi, A., & Husna, K. (2022). Demokrasi di Tengah Pandemi COVID-19. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 70–84. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.255
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.