Strategi Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pelayanan Berbasis E- Government di Kabupaten Muna

Authors

  • Hamrun Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ahmad Harakan Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Luhur Prianto Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Khaerah Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7808

Keywords:

e-government, pelayanan publik, teknologi informasi

Abstract

Di era Revolusi Industri 4.0 kinerja pemerintahan dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas meskipun berada pada pulau yang jauh dari ibukota negara menjadi tantangan bagi stakeholder pemerintahan. Hal ini terjadi dikarenakan pemerataan pembangunan dan kesuksesan pelayanan publik maka pemerintah perlu melakukan bebagai upaya penyediaan fasilitas pelayanan publik yang efektik dan efisien, termasuk memberikan pelayanan berbasis e-government. Artikel ini akan menganalisa dan mengulas dari aspek strategi pengembangan program yang melibatkan sumber daya manusia dan teknologi informasi dengan output pelayanan prima. Meski Realisasi pengembangan pelayanan berbasis e-government di Kabupaten Muna menghadapi banyak tantangan baik dalam hal geografis, ekonomi, teknologi, politik, maupun budaya, namun pelaksanaannya sangat ditunggu oleh masyarakat setempat. Selain itu pelayanan berbasis e-government merupakan tuntutan di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Ang, “Globalisation and culture,” Continuum. 1994, doi: 10.1080/10304319409365684.

R. E. . Indrajit, Electronic Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta, 2006.

Rivai dan Darsono, Manajemen Strategis. Jakarta, 2015.

S. H. Winarno, “Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Analisis Rasio Profitabilitas,” J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, 2017.

E. M. Ramdani, “Analisis Efektivitas Pelaksanaan E Government di Tingkat Kelurahan,” Sawala J. Adm. Negara, 2018, doi: 10.30656/sawala.v6i1.520.

Intruksi Presiden No 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Startegi Nasional Pengembangan E.Government.

Published

2020-11-03

How to Cite

Hamrun, Harakan, A., Prianto, A., & Khaerah, N. (2020). Strategi Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pelayanan Berbasis E- Government di Kabupaten Muna. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(2), 64–78. https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7808

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.