Kebijakan Komunikasi Perpustakaan Kabupaten Siak Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Pemberdayaan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.35967/njip.v23i2.740Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Transformasi Perpustakaan, Inklusi Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Penguatan Model SosialAbstrak
Transformasi perpustakaan masyarakat saat ini adalah transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang tidak hanya untuk mempertahankan keberlangsungan dan keberadaan perpustakaan, namun juga mengarahkannya menjadi bagian di dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu program pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui rancangan resolusi pembangunan bersama hingga tahun 2030. Inilah yang dijadikan perpustakaan umum dan desa untuk ikut membantu program pemerintah Indonesia dalam percepatan pengentasan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Bagaimana Strategi Komunikasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak dalam melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.” Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teknik pengambilan data: wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak dalam melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial melaksanakannya dengan mengadakan tujuh pelatihan, yaitu program tersebut menjadi: tata rias, pembuatan roti/ kue kering, pembuatan saus cabai, pembuatan abon Lele, pembuatan kerupuk Sablak, pembuatan jamu tradisional kunyit asam, pembuatan piring dari lidi sawit. Strategi yang dilakukan adalah dengan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, sesuai dengan tujuan awal program ini diadakan.
Unduhan
Referensi
Amin, R. M., Isril, & Febrina, R. (2016). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Kampung Adat di Kabupaten Siak Provinsi Riau. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 15(26), 65–77. https://doi.org/10.35967/jipn.v15i26.3844
Anna, N. E. V., Mannan, E. F., & Srirahayu, D. P. (2020). Evaluation of the Role of Society-Based Library in Empowering Surabaya City People. Public Library Quarterly, 39(2), 157–169. https://doi.org/10.1080/01616846.2019.1616271
Bengi MS, N. I., & Masruri, A. (2023). Strategi dan Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Paya Tumpi Baru Kabupaten Aceh Tengah. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 11(2), 255–292. https://doi.org/10.21043/libraria.v11i2.18092
Candra Hidayat, N., Setijaningrum, E., & Asmorowati, S. (2020). Analisis Pemangku Kepentingan Pengelolaan Sumber Daya Hutan di Kabupaten Jember (Studi Kasus di Desa Tugusari Kabupaten Jember). Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 188–201. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.118
Cangara, H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada.
Dewi, D. S. K., Yulianti, D. B., & Yusdiawan, I. A. (2022). Analisis Hambatan E-Government: Sebuah Kajian Teoritis. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 95–106. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.336
Eldapi Yozani, R., Situmorang, J., Firdaus, M., Kunci Gaya, K., & Hulu, I. (2024). Indragiri Hulu Regent’s Communication Style in Carrying Out Duties. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 23(1), 1–15. https://doi.org/10.35967/njip.v23i1.625
Fathurrahman. (2023). Strategi Penyerapan Anggaran yang Partisipatif dan Kolaboratif dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(2), 261–272. https://doi.org/10.35967/njip.v22i2.629
Fitri, U., Dahlan, D., Mustika, R., & Ramadhani, R. (2023). Dinamika Implementasi Kebijakan Transformasi Eks PNPM Menjadi BUM Desa Bersama di Kecamatan Sungai Tarab. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(1), 21–32. https://doi.org/10.35967/njip.20v22i1.386
Gupta, V., & Rubalcaba, L. (2022). University Libraries As Open Innovation Partners: Harnessing Hidden Potential to Foster Global Entrepreneurship. The Journal of Academic Librarianship, 48(2), 102432. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102432
Hadi, S., Marta, A., Amin, R. M., & Febrina, R. (2024). Rural Development in Community Empowerment Through the Governance of Village-Owned Enterprises (BUMDes). Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 23(1), 121–134. https://doi.org/10.35967/njip.v23i1.702
Hamida, N. A., & Sein, L. H. (2023). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Menciptakan Knowledge Society. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 15(1), 153–173. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v15i1.5808
Haryanti, W. T. (2019). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Talenta Conference Series. Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(3). https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.728
Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen) (S. Amalia, Ed.). UNY Press.
Kamidah, S. N., & Syafaah, D. (2022). Pengembangan Keterampilan Masyarakat melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Perpusdes Lentera Desa Buluagung Karangan Trenggalek. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 7(2), 220–237. https://doi.org/10.30829/jipi.v7i1.12389
Kim, G., Kim, C., Lee, G. E., Yeon, J., & Lee, J. Y. (2022). What Makes a “Happy” Workplace for Librarians? Exploring the Organizational Functions of Academic Libraries in South Korea. The Journal of Academic Librarianship, 48(6), 102594. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102594
Krier, L. (2022). A Framework for Shared Leadership: A Perspective on Strategic Planning for Academic Libraries. The Journal of Academic Librarianship, 48(6), 102503. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2022.102503
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nashihuddin, W., & Suryono, F. (2018). Tinjauan Terhadap Kesiapan Pustakawan dalam Menghadapi Disrupsi Profesi di Era Library 4.0: Sebuah Literatur Review. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 6(2), 86–97. https://doi.org/10.24252/kah.v6i2a1
Novianti, D. A., Kumala, A. D. A., Wulandari, W. E., & Puspitadewi, G. C. (2023). Evaluasi Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Perpustakaan Umum Kota Batu Berdasarkan Model Evaluasi Kirkpatrick. LibTech: Library and Information Science Journal, 4(1), 15–29. https://doi.org/10.18860/libtech.v4i1.19798
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati, Ed.). Pradina Pustaka.
Pasaribu, H. F. (2018). Penerapan Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan [Doctoral Thesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Sabriyanti, A., & Batubara, A. K. (2023). Inklusi Sosial sebagai Transformasi Layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(3), 989–998. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.301
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tania, Y. E., Sahidi, & Saman, S. (2023). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.31958/jipis.v2i1.8602
Umam, K. (2013). Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. URNA: Jurnal Seni Rupa, 1(1), 100–105.
Wicaksono, B., Meilani, N. L., & Febrina, R. (2018). Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bengkalis Aspek Kebudayaan Melayu dalam Menopang Visi Riau 2020. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 17(29), 22–34. https://doi.org/10.35967/jipn.v17i29.7056
Widyawati, W., & Winoto, Y. (2022). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Rumah Baca Asma Nadia. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.24952/ktb.v4i1.4091
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.