Kontestasi Calon Presiden Republik Indonesia 2024 di Media Sosial Hasteg #Prabowo, #AniesBaswedan di Twitter

Penulis

  • Ismandianto Universtas Riau https://orcid.org/0000-0003-2251-8321
  • Muchid Albintani Universitas Riau
  • Najwa Suprianti Universitas Riau
  • Friska Meliana Putri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.35967/njip.v22i2.554

Kata Kunci:

Kandidat, Presiden, Media Sosial, Prabowo, Anies Baswedan, SNA

Abstrak

Pendaftaran calon presiden 2024 sudah dimulai pada akhir tahun 2023, namun euforia calon presiden 2024 mulai terasa sejak awal tahun 2022. Beberapa lembaga survei mengeluarkan opini masyarakat terkait beberapa calon presiden 2024. Opini masyarakat terhadap calon presiden 2024 tidak hanya bisa diperoleh melalui wawancara langsung. Akuisisi opini publik juga dapat dilakukan melalui media sosial seperti Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari jaringan komunikasi dan mengetahui aktor-aktor yang mempunyai pengaruh dalam jaringan #Prabowo dan # anies baswedan di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Social Network Analysis (SNA) atau analisis jaringan sosial dengan teori Computer Mediated Communication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informasi #Prabowo menyebar dengan cepat dan mudah di Twitter. Berdasarkan data yang dihimpun dari 2.500 aktor, total ada 682 interaksi antar aktor di jaringan #Prabowo. Hasil dari #anies baswedan menunjukkan bahwa jaringan komunikasi ini mempunyai modus hubungan tipe dua dan jaringan bersifat langsung serta mempunyai arahan dari aktor utama yaitu #anies baswedan dengan nilai derajat sentralitas 766 dan hubungan antar aktor dalam jaringan komunikasi ini sangat erat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, M Aulia et al. 2022. “Analysis of the Structure of the #Seagames2022 Communication Network on Twitter Using the Social Network Analysis (Sna) Approach..” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 26(1): 1–16.

Akmal, Artha Dini, Iip Permana, Hidayatul Fajri, and Yuliarti Yuliarti. 2022. “Twitter Community Opinion of Candidates for the Presidential Candidates of the Republic of Indonesia in 2024.” Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP) 4(4): 292–300.

Alfiyani, Nur. 2018. “Social Media as a Political Communication Strategyk.” Potret Pemikiran 22(1).

Bahri, M T, and D S Widhyharto. 2020. “Procedural Face of Jakarta Psbb Policy Phase Ii Based on Social Network Analysis (Sna).” Jurnal Kebijakan Publik (September): 1–10. https://jkp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKP/article/view/7920.

Dewi, Anggi Riantika et al. 2024. “Maharani As A Candidate For The 2024 Presidential Candidate Based On Twitter Opinion Using The Method.” 10(1): 75–80.

Dwitama, Muhammad Irfan. 2022. “Social Media And Its Influence On Community Political Participation In The 2020 Tangerang Selatan Elections.” 3(1).

Fais Sya’ bani, Muhammad Raihan, Ultach Enri, and Tesa Nur Padilah. 2022. “Sentiment Analysis of the 2024 Presidential Candidates Using the Naïve Bayes Algorithm..” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 9(2): 265.

Ichsan, Moh, Astri Irawan, and Yon Safira. 2023. “Analysis of the Commodification of Instagram Social Media on the Image of Political Parties Ahead of the 2024 Presidential Candidate Election..” 07(01): 76–90.

Pramelani, Pramelani, and Tri Widyastuti. 2021. “Millennial Perceptions of the Leadership Style of Presidential Candidates in 2024.” Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan 20(2): 1–13.

Rohimi, Primi. 2021. “Sna With Netlytic On Youtube Video Comment Column Gus Miftah Speech In Church.”Conference On Strengthening Islamic Studies In The Digital Era 19(1): 1–31.

Roring, Novance Silitonga & Franky P. 2023. “Digital Politics: Political Party Electoral Strategy” Jurnal Communicology 4(2): 676–90.

Sazali, Hasan. 2023. “Islamic Political Communication System Mapping Millennial Muslim Geopolitics on Social Media in Facing the 2024 Presidential Election.” 15(1): 122–34.

Syamsurrijal, Arif. 2021. “Komparasi Pendidikan Karakter Indonesia Dan Jepang (Analisis Terhadap Landasan, Pendekatan, Dan Problematikanya).” Fitrah: Journal of Islamic Education 2(2): 184–99.

Tjahyana, Lady Joanne. 2021. “Studi Netnografi Pola Komunikasi Jaringan Komunitas Cryptocurrency Dogecoin Pada Twitter.” Jurnal Komunikatif 10(1): 16–37. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/3188.

Wu, Ying, and Zhiguang Duan. 2015. “Social Network Analysis of International Scientific Collaboration on Psychiatry Research.” International Journal of Mental Health Systems 9(1): 1–10.

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Ismandianto, I., Albintani, M., Suprianti, N., & Meliana Putri, F. (2023). Kontestasi Calon Presiden Republik Indonesia 2024 di Media Sosial Hasteg #Prabowo, #AniesBaswedan di Twitter. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(2), 137–150. https://doi.org/10.35967/njip.v22i2.554

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.