Analisis Peran Grup “Info Cegatan Jogja” dalam Upaya Penyelesaian Permasalahan Tarif Parkir “Nuthuk” di DIY
DOI:
https://doi.org/10.35967/njip.v22i2.562Kata Kunci:
Parkir, Peran, Info Cegatan Jojga, Media Sosial, FacebookAbstrak
Grup atau komunitas Info Cegatan Jogja (ICJ) memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat DIY sebagai wadah untuk berdiskusi, berinteraksi, dan menyampaikan aspirasi melalui unggahan media sosial. Dari berbagai jenis unggahan di ICJ, salah satu unggahan yang masih sering ditemukan adalah unggahan berkaitan dengan permasalahan tarif parkir “Nuthuk” di DIY. Masih sering ditemukannya permasalahan ini menjadi salah satu hal yang menarik untuk diteliti dan dikaji. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dari grup ICJ itu sendiri dalam upaya permasalahan tarif parkir “Nuthuk”. Dalam melakukan penelitian, digunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menemukan fakta bahwa grup “Info Cegatan Jogja” belum memiliki peran yang efektif dalam upaya penyelesaian permasalahan tarif parkir “Nuthuk” di DIY. Berdasarkan hasil wawancara bersama dengan pengelola ICJ, ICJ pernah memiliki peran yang kuat dalam memengaruhi kebijakan sebelum terjadinya pancemi Covid-19. Pasca terjadinya pandemi, fungsi dari ICJ itu sendiri mulai bergeser hanya sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan berinteraksi semata, bukan untuk menghasilkan sebuah masukan kebijakan atau policy brief. Hal ini berimbas pada peran ICJ yang saat ini cenderung berfokus pada pusat informasi masyarakat saja.
Unduhan
Referensi
Al Hamdi, R., Sakir, Suswanta, Atmojo, M. E., & Efendi, D. (2020). Penelitian Kualitatif (Queena Ns (ed.); 1st ed.). Pustaka Pelajar.
Amin, I. (2022). Grup ICJ: Dari Keluh Kesah Birokrasi hingga Info Keberadaan Klitih. Tirto.Id. https://tirto.id/grup-icj-dari-keluh-kesah-birokrasi-hingga-info-keberadaan-klitih-gq2J
Aminah, A. (2019). Peran media sosial “facebook” dalam proses pembentukan opini publik menjelang pemilihan umum legislatif 2019 di kabupaten aceh jaya. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi. http://jurnal.utu.ac.id/jsource/article/view/918
Fadli, A., & Sazali, H. (2023). PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM@ GREENPEACEID SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DALAM MENJAGA LINGKUNGAN. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO …. http://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/32
Farmita, A. R. (2022). Hati-hati, Ini Daftar Lokasi dan Tarif Parkir Resmi di Yogyakarta Halaman all - Kompas.com. Kompas.Com. https://www.kompas.com/wiken/read/2022/04/30/155405681/hati-hati-ini-daftar-lokasi-dan-tarif-parkir-resmi-di-yogyakarta?page=all
Felicia, F., & Loisa, R. (2018). Peran buzzer politik dalam aktivitas kampanye di media sosial twitter. Koneksi. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/3906
Haeruddin, N., Wahida, A., & ... (2023). Peran Media Sosial dan E-Commerce bagi UMKM dalam Meningkatkan Volume Penjualan. … (Jurnal Ekonomi Dan. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/962
Hartama, A. S., & Suranto. (2022). Unggahan Info Cegatan Jogja ( Icj ) Sebagai Sumber Informasi Bagi Masyarakat Yogyakarta. Lektur, 5(3).
Hasanuddin, H., Rizaldi, A., Marta, A., & Ishak, I. (2021). Kesenjangan Angka Partisipasi Pemilih. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(2), 37–45. https://doi.org/10.35967/njip.v20i2.219
Kompas. (2022). Daftar Tarif Parkir Resmi di Yogyakarta untuk Motor, Mobil, dan Bus Halaman all - Kompas.com. Kompas.Com. https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/30/142259778/daftar-tarif-parkir-resmi-di-yogyakarta-untuk-motor-mobil-dan-bus?page=all
Linzonia, Y. U., & Supriyono, S. (2021). Peran Edukasi Media Sosial Bagi Masyarakat Selama COVID-19. Jurnal Pendidikan, Sosial …. https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/427
Maulvi, H. R., Rizal, E., & Lusiana, E. (2023). Peran Media Sosial Bagi Humas Pemerintah. Komunikasi: Jurnal Komunikasi. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/14939
Muhammad, N., & Aminudin, A. (2019). Peran Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Politik. PANTAREI. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/437
Nabila, F. (2022). Deretan Kasus Parkir Viral di Yogyakarta, Tarif Nuthuk hingga Pejalan Kaki Ditarik Ongkos. Suara.Com. https://www.suara.com/news/2022/05/06/170312/deretan-kasus-parkir-viral-di-yogyakarta-tarif-nuthuk-hingga-pejalan-kaki-ditarik-ongkos
Pradana, A., & Puspitasari, C. D. (2019). PENANGGULANGAN JURU PARKIR ILEGAL OLEH PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 8(3), 250–262.
Rasyid, S. (2020). Mengenal Grup Info Cegatan Jogja, Wadah Berbagi Informasi Terbesar di Yogyakarta | merdeka.com. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-grup-medsos-info-cegatan-jogja-wadah-berbagi-informasi-terbesar-di-yogya.html
Sodikin, A., & Solikhah, S. (2022). Peran Media Sosial Dalam Berdakwah. Syiar: Jurnal Komunikasi Dan. https://jurnal.staithawalib.ac.id/index.php/syiar/article/view/55
Sugiyono, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Supit, M., Lapian, M. T., & Tulung, T. E. (2022). Peran Media Sosial dalam meningkatkan Elektabilitas Calon Anggota Legislatif dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 (Studi Di Desa Mobuya Kecamatan Passi Timur. Jurnal Eksekutif. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/39291
Surwandono, S., & Bahari, D. M. (2020). The Advocacy of Facebook Public Group “Info Cegatan Jogja“ to Prevent Gangsterism Action “Klitih“ in Yogyakarta, Indonesia. Society, 8(2), 343–358. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.188
Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., & . (2021). Strategi Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM. Journal of. http://ojs.sampoernauniversity.ac.id/index.php/JCSSE/article/view/166
Yovinus, Y. (2018). Peran komunikasi publik media sosial dalam implementasi kebijakan keterbukaan informasi publik di Kota Bandung. Academia Praja: Jurnal Ilmu Politik. https://mail.ejournal.fisip.unjani.ac.id/index.php/jurnal-academia-praja/article/view/47
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Penulis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.