Gerakan Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi Pelayanan Lukadesi (Keluarga Berduka Desa Siaga) di Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta

Authors

  • Hendy Setiawan Departemen Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Fariza Ikhsanditya Departemen Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35967/jipn.v19i1.7853

Keywords:

administrasi kependudukan, inovasi pelayanan publik, Lukadesi

Abstract

Penelitian ini menganalisis gerakan masyarakat tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Sleman melalui inovasi pelayanan Lukadesi dengan alat analisis teori proses inovasi De Jong dan Den Hartog yakni melihat peluang, mengeluarkan ide, mengkaji ide, dan implementasi. Rendahnya kesadaran masyarakat Sleman akan administrasi kependudukan di bidang kematian menjadi perhatian yang serius. Hal ini dikarenakan ketika terjadi peristiwa kematian masyarakat enggan melaporkan ke pihak terkait sehingga data kependudukan yang ada di database tidak sesuai dengan jumlah masyarakat di lapangan. Semenjak dibentuknya inovasi Lukadesi justru keadaan berubah drastis, di mana dengan pelayanan Lukadesi masyarakat sangat partisipatif. Hasil menunjukkan bahwa inovasi Lukadesi menjadi layanan unggulan desa yang dibentuk pada pertengahan 2017 dan sampai saat ini sudah 83 desa dari 86 desa yang ada di Kabupaten Sleman menjadi peserta Lukadesi. Inovasi ini mampu menumbuhkan kesadaran administrasi kematian masyarakat di Kabupaten Sleman yang mencapai 90% lebih, sehingga data yang ada pada database kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil lebih akurat dibandingkan sebelum adanya inovasi Lukadesi. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Kesimpulanya ialah gerakan inovasi Lukadesi telah memenuhi tahapan proses inovasi dengan tingkat partisipasi dan respon publik yang sangat prestisius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeny, C. (2013). Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Publik dan Manajemen Publik, 1(1).

Ariyani, A., Mindarti, L. I., & Nuh, M. (2016). Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Kesehatan Melalui Program Gebrakan Suami Siaga di Puskesmas Gucialit Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(1).

Djamrut, D. E. (2015). Inovasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Universitas Mulawarman, Samarinda. Hal, 1472-1486.

Dwidowidjoto, R, N. (2004). Kebijakan Publik: formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Febrian, R. A. (2016). Collaborative Governance Dalam Pembangunan Kawasan Perdesaan (Tinjauan Konsep Dan Regulasi). Wedana: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 2(2), 200-208.

Hisbani, N. A., Karim, M., & Malik, I. (2017). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang. Kolaborasi Jurnal Administrasi Publik, 1(3).

Masdy, N.A., Haerani, Siti., Alam, A.S. (2017). Peran Pemerintah Daerah Terhadap Pemberdayaan Pemuda Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Barru (Pantai Ujung Batu). Jurnal Analisis Seri-seri Ilmu Sosial, 6(1), 84-91.

Nugroho, H. S. (2019). Government Globalization As An Public Service Innovation In Wukirsari Village Sleman Regency. Prosiding ICOGISS 2019, 362-372.

Peyusinta, T. M., & Setyawan, D. (2019). Inovasi Piket Malam Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. JISIP Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(1).

Putra, R. M. D. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Di Era Disrupsi (Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi EHealth Di Kota Surabaya). Jurnal kebijakan dan Manajemen Publik, 6(2).

Rogers, EM (2003). Difussion of Innovation 5th Edition, Free Press. New York.

Ulfa, L. M. (2018). Collaborative Governance Dalam Penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kota Di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Wibowo, I. T. (2019). Proses Difusi Inovasi Program Sakti (Studi Kasus Proses Difusi Inovasi Program Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Ditjen Perbendaharaan di DI Yogyakarta Tahun 2018). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 4(4), 323-337.

Wulandari, Dewi., Unde, A. Alimuddin., Fatima, Jeanny Maria. (2017). Kemampuan Adaptasi Integrasi Pedagang Jawa Dengan Pedagang Lokal Pasar Tradisional Di Kota Makassar. Jurnal Analisis Seri-seri Ilmu Sosial, 6(1), 65-71.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 9 Tahun 2015 tentang Inovasi Pelayanan Publik.

Lukadesi Untuk Masyarakat Sleman. Diakses di https://dukcapil.slemankab.go.id/lukadesi-untuk-masyarakatsleman. slm pada 5 April 2020. Pukul 08.00 WIB.

Batola Pelajari Pelayanan Lukadesi Sleman. Diakses di https://kalsel.antaranews.com/berita/128235/batola-pelajaripelayanan-lukadesi-sleman

https://v7.baritokualakab.go.id/?p=7069 pada 5 April Pukul 8.45 WIB.

Pembuatan Akta Kelahiran dan Kematian Dipermudah Diakses di https://www.suaramerdeka.com/news/baca/125334/pembuatan-aktakelahiran-dan-kematiandipermudah pada 5 April 2020 pukul 10.00 WIB.

Sleman Dukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi. Diakses di http://infopublik.id/kategori/nusantara/295877/sleman-dukunggerakan-indonesia-sadaradministrasi?show= pada 6 April 2020 pukul 11.00 WIB

Published

2020-11-04

How to Cite

Setiawan, H., & Ikhsanditya, F. (2020). Gerakan Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi Pelayanan Lukadesi (Keluarga Berduka Desa Siaga) di Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(1), 38–55. https://doi.org/10.35967/jipn.v19i1.7853

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.