Penyampaian Produk Politik Calon Presiden dalam Kontes Pilpres 2024
DOI:
https://doi.org/10.35967/njip.v23i2.699Kata Kunci:
Strategi Kampanye, Penyampaian Produk Politik, Pemilihan Presiden 2024Abstrak
Pelaksanaan pemilu merupakan wadah demokrasi yang membutuhkan peran serta masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam pemilu dilatarbelakangi oleh strategi kampanye politik yang diterapkan oleh para kandidat. Pada pemilu 2024, tiga kandidat dengan keunikannya masing-masing akan bersaing dalam pemilihan presiden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kampanye politik masing-masing kandidat melalui perspektif penyampaian produk politik pada pemilihan presiden 2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan media massa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan tiga kriteria utama sehingga diperoleh sebanyak 60 artikel berita. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing kandidat menggunakan strategi yang sama dalam melakukan kampanye politik. Ketiga kandidat menggunakan strategi push marketing, pull marketing, dan pass marketing dalam kampanye politik. Akan tetapi, masing-masing kandidat menggunakan strategi dominan yang berbeda dalam menyampaikan produk politiknya. Penyampaian produk politik yang dilakukan masing-masing kandidat juga memiliki kegiatan yang berbeda dalam strateginya untuk menarik perhatian masyarakat agar dapat memilih kandidat tertentu. Penelitian ini terbatas pada penggunaan data hanya berupa media massa daring dan artikel ilmiah. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan data primer dengan mengembangkan penelitian baru berupa peran penyampaian produk politik dan jumlah suara yang diperoleh dalam pemilihan presiden.
Unduhan
Referensi
Alfiyani, N. (2018). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22(1), 57–69. https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762
Alhadar, S., Sahi, Y., & Katili, P. P. (2024). Penguatan Demokrasi dan Pemilu bagi Pemilih Pemula Menjelang Pemilihan Umum Tahun 2024: (Studi Pengabdian pada Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo). Community Development Journal, 5(1), 1115–1123. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25097
Anggalia, A., & Efriza. (2020). Strategi Kampanye Model Blusukan Joko Widodo dalam Pemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Jakarta Tahun 2012 (Studi Kasus di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat). Jurnal Renaissance, 5(2), 657–669. https://doi.org/10.53878/jr.v5i2.118
Arianto, B. (2015). Kampanye Kreatif dalam Kontestasi Presidensial 2014. JSP (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), 19(1), 16–39. https://doi.org/10.22146/jsp.10854
Baihaqi, A., Muksin, N. N., Harmonis, Fal., Setiawan, A., & Karmila, L. (2022). Strategi Marketing Politik Bobby Nasution dan Aulia Rachman di Media Sosial pada Pilkada Kota Medan 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.56869/jikoba.v2i1.361
Barokah, F., Maryanah, T., Darmastuti, A., & Hertanto. (2022). Disrupsi Politik: Peluang dan Tantangan Partai Politik Baru Jelang Pemilu 2024. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 1–13. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.273
Bawamenewi, A. (2019). Implementasi Hak Politik Warga Negara. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 13(3), 43–56. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i61.434
Bintang, A. N. (2020). Strategi Kampanye Pemenangan Pasangan Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 (Studi Atas Marketing Politik Melalui Goyang Jempol) [Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49993
Cobis, M. Y., & Rusadi, U. (2023). Sosial Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik. Da’watuna, 3(4), 1196–1208. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i4.3314
Damayanti, N., & Hamzah, R. E. (2017). Strategi Kampanye Politik Pasangan Jokowi-JK pada Politik Pemilihan Presiden 2014. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 279–290. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.52
Dewantara, J. A., Syamsuri, Wandira, A., Afandi, Hartati, O., Cahya, N., Sapitri, P., & Nurgiansah, T. H. (2022). The Role of Buzzers in Social Media in Guiding Public Opinion Regarding Political Choices. Jurnal Etika Demokrasi, 7(3), 681–694. https://doi.org/10.26618/jed.v7i3.8103
Diniyanto, A., & Sutrisno, W. (2022). Pengawasan Pemilihan Umum di Era Post-Truth: Problem, Tantangan, dan Strategi. Jurnal Adhyasta Pemilu, 5(1), 44–58. https://doi.org/10.55108/jap.v5i1.79
Febrina, R., & Isril. (2018). Proses Politik dalam Pembahasan Ranperda Kota Pekanbaru tentang RPJMD Kota Pekanbaru Tahun 2017-2022. Nakhoda, 17(30), 101–116. https://doi.org/10.35967/jipn.v17i30.7063
Firmansyah, M. A., Karlinah, S., & Sumartias, S. (2017). Kampanye Pilpres 2014 dalam Konstruksi Akun Twitter Pendukung Capres. Jurnal The Messenger, 9(1), 79–90. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.430
Hakim, I. A. (2023, November 16). Timnas Amin Akui Dana Kampanye Medsos Terbatas, Optimis di Darat Lebih Baik. KompasTV. https://www.kompas.tv/nasional/461485/timnas-amin-akui-dana-kampanye-medsos-terbatas-optimis-di-darat-lebih-baik
Handika, R., & Al Rafni. (2022). Mahyeldi-Audy Political Marketing Innovation During the COVID-19 Pandemic During the 2020 West Sumatra Regional Election. Politicon, 4(1), 91–110. https://doi.org/10.15575/politicon.v4i1.16719
Hasanuddin, Rizaldi, A., Marta, A., & Ishak. (2021). Kesenjangan Angka Partisipasi Pemilih: PILKADA Riau 2018 dengan PEMILU 2019 di Riau. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(2), 143–151. https://doi.org/10.35967/njip.v20i2.219
Hasanuddin, & Syamsuadi, A. (2013). Pemetaan Media Luar Ruang pada Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau (Pilgubri) Tahun 2013 di Kota Pekanbaru. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 12(20), 133–140. https://doi.org/10.35967/jipn.v12i2.2907
Jaya, W., Cangara, H., & Hasrullah. (2015). Keberhasilan dan Kegagalan Strategi Komunikasi Kampanye Para Kandidat dalam Perebutan Kursi Legislatif DPRD Kabupaten Barru Periode 2014–2019. Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3). https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/624
Kartini, D. S. (2017). Demokrasi dan Pengawasan Pemilu. Journal of Governance, 2(2), 146–162. https://doi.org/10.31506/jog.v2i2.2671
Khodijah, S., & Subekti, V. S. (2020). Dinamika Pembangunan Koalisi Partai Politik Pengusung Calon Tunggal Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2018. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 177–187. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.111
Kustiawan, W., Kartika, N. W., Kesuma, C. I., Silalahi, F. A., & Nasution, A. M. (2022). Kampanye dalam Pemasaran Politik dan Brand Politik. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 959–964. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/3303
Lubis, Mhd. A., Lubis, A. A., & Frensh, W. (2023). Sistem Pemilihan Umum: Proporsional Terbuka dan Tertutup. Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/567191/
Marasabessy, Abd. C., Nurdiyana, Setiawati, & Utami, I. S. (2021). Perilaku Pemilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Tangerang Selatan dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(1), 8–18. https://doi.org/10.21009/jimd.v21i1.22147
Meliana, R. (2023, December 30). Viral Aksi Anies Live TikTok Jadi Sorotan, Apa Saja yang Dibicarakan? Suara.com. https://www.suara.com/lifestyle/2023/12/30/125443/viral-aksi-anies-live-tiktok-jadi-sorotan-apa-saja-yang-dibicarakan
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhaling, A. (2014). Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilukada di Kecamatan Siau Barat Selatan Kabupaten Sitaro. Politico, 3(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/politico/article/view/7100
Muhamad, N. (2023, July 5). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/pasar/statistik/faf64350269d0c8/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial
Mujahid, M. N., Cahyadi, R., & Hertanto. (2024). Peran Penting Media Sosial Sebagai Alat Pendukung Berkampanye Partai Politik (Pilpres 2019). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(3), 1044–1048. https://doi.org/10.31604/jips.v11i3.2024.1044-1048
Nastitie, D. P. (2024, January 15). ”Tabrak, Prof!”, Forum Buka-bukaan Politik dan Hukum yang Riuh dan Apa Adanya. Kompas.id. https://www.kompas.id/baca/polhuk/2024/01/15/tabrak-prof-forum-buka-bukaan-politik-dan-hukum-yang-riuh-dan-apa-adanya
Octovina, R. A., Agustino, L., & Kartini, D. S. (2022). Strategi Kampanye Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam Debat Calon Presiden pada Tahun 2019. Perspektif, 11(1), 385–393. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i1.5656
Pratama, R. (2023). Abadinya Persoalan Presidential Threshold di Meja Mahkamah Konstitusi. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.87
Pulungan, M. C., Rahmatunnisa, M., & Herdiansah, A. G. (2020). Strategi Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2019. Politea, 3(2), 251–271. https://doi.org/10.20414/politea.v3i2.2439
Putra, R. A. C. (2022). Strategi Pemenangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Sumbawa [Diploma Thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10004
Ramadhan, A., & Krisiandi. (2023, December 14). Santai Jika Dianggap Tak Jadi Sorotan Saat Debat, Ganjar: Yang Penting Pesannya Masuk. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2023/12/14/11210711/santai-jika-dianggap-tak-jadi-sorotan-saat-debat-ganjar-yang-penting
Ridwan, M. (2013). Komunikasi Politik dan Diplomasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Masa Kampanye Pemilukada Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2011. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 12(20), 123–132. https://doi.org/10.35967/jipn.v12i2.2906
Rinova, D. (2018). Strategi Political Marketing untuk Pemilih Pemula pada Pemilihan Gubernur Provinsi Lampung 2014 Menggunakan Teknik Analytical Hierarchy Process. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.23960/administratio.v9i1.59
Ritonga, M., & Harahap, R. (2023). Keterlibatan Selebriti Pasca Parliamentary Threshold dalam Kontestasi Politik Elektoral di Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 8(3), 238–245. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i3.3320
Romli, L. (2017). Koalisi dan Konflik Internal Partai Politik pada Era Reformasi. Jurnal Politica, 8(2), 95–118. https://doi.org/10.22212/jp.v8i2.1138
Rosdiana, A. C., & Suryaningtyas, A. A. (2024). Politik Identitas dalam Kampanye Politik Ganjar Pranowo Menjelang Pilpres 2024. Jurnal Audiens, 5(1), 77–90. https://doi.org/10.18196/jas.v5i1.336
Saputra, D. P. (2015). Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Menuju Pemilu 2014 di Kabupaten Kubar. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(3), 170–184. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2101
Sari, A. E., & Hadi, K. (2023). Akselerasi Upaya Mengoptimalkan Partisipasi Politik Masyarakat dalam Menghadapai Pemilu Tahun 2024: Studi: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar. Nahkoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 22(2), 207–219. https://doi.org/10.35967/njip.v22i2.555
Stier, S., Bleier, A., Lietz, H., & Strohmaier, M. (2018). Election Campaigning on Social Media: Politicians, Audiences, and the Mediation of Political Communication on Facebook and Twitter. Political Communication, 35(1), 50–74. https://doi.org/10.1080/10584609.2017.1334728
Sugitanata, A., & Majid, A. (2021). Sistem Pemilu Sebagai Wujud Demokrasi di Indonesia: Antara Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi. Qaumiyyah, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.24239/qaumiyyah.v2i1.18
Sulastri, A. N., & Khoirotunnisa, P. (2023). Personal Branding Anies Baswedan dalam Membangun Citra pada Pilpres 2024 di Instagram. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 5(1), 73–84. https://doi.org/10.21580/jpw.v5i1.16743
Susanto, T., Muhamad, R. P. N., & Syamsuri, S. A. (2018). Pembentukan Positioning dengan Video Baca #tweetjahat Pasangan Anies-Sandi Sebagai Strategi Political Marketing Melalui Sosial Media. Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM), 1(1), 35–45. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.12
Susila, I., Dean, D., Yusof, R. N. R., Setyawan, A. A., & Wajdi, F. (2020). Symbolic Political Communication, and Trust: A Young Voters’ Perspective of the Indonesian Presidential Election. Journal of Political Marketing, 19(1–2), 153–175. https://doi.org/10.1080/15377857.2019.1652224
Susilo, I. (2023, December 3). Program Gibran Mendengar, Rosan Roeslani: Untuk Menangkap Semua Aspirasi Warga. TvOnenews. https://www.tvonenews.com/berita/nasional/171317-program-gibran-mendengar-rosan-roeslani-untuk-menangkap-semua-aspirasi-warga?page=all
Tinov, T., & Wicaksono, B. (2015). Gaya Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo dalam Menyikapi Isu-Isu Kebijakan Publik Melalui Media Massa. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 14(24). https://nakhoda.ejournal.unri.ac.id/index.php/njip/article/view/47
Wahyudi, F. S., & Firdaus, M. I. (2024). Strategi Komunikasi Desak Anies: Analisis Kampanye Gaya Baru untuk Mencerdaskan Bangsa dan Membangkitkan Semangat Konstitusionalisme dalam Amanat UUD 1945. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 174–185. https://doi.org/10.62504/jimr456
Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. SAGE Publications.
Yuliahsaridwi, D. (2015). Pemanfaatan Twitter Buzzer untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda dalam Pemilihan Umum. Jurnal The Messenger, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.26623/themessenger.v7i1.288
Zulham, & Syaputra, Y. P. (2023). Analisis Branding Politik pada Instagram @sandiuno Masa Kampanye Pemilu Presiden 2019 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Sumut) Sebagai Acuan Medsos Pemilu 2024. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(7), 1467–1474. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/7163
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.