Beyond Budgeting dalam Pemodelan Mitigasi Risiko Fiskal Daerah
Studi di Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.35967/njip.v22i1.379Kata Kunci:
Resiko Fiskal, Mitigasi, Beyond Budgeting, Pemerintah DaerahAbstrak
Rendahnya kemandirian fiskal daerah dapat mengakibatkan tekanan dan risiko fiskal bagi pemerintah pusat maupun daerah. Pemerintah daerah perlu memiliki sistem organisasi yang adaptif dalam memitigasi risiko fiskal bagi daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem peringatan dini yang dapat memantau risiko fiskal pemerintah daerah melalui model mitigasi risiko fiskal yang adaptif. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap: pertama, mengidentifikasi tingkat risiko fiskal daerah dengan metode content analysis dan kedua, mendesain model mitigasi risiko dengan menggunakan Soft System Methodology (SSM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua indikator risiko fiskal yang diteliti (keuangan, ekonomi, sosial, kelembagaan dan lingkungan) memiliki item yang risiko yang bernilai tinggi. Model mitigasi risiko fiskal yang dihasilkan dari penelitian ini yakni melalui konsepsi beyond budgeting yang berfokus pada strukturisasi sistem kelembagaan. Dua unsur utama yang menjadi motor ekosistem kelembagaan beyond budgeting sebagai mitigasi risiko fiskal yaitu a self organizational framework dan bottom up system. Self organizational framework dapat dibangun melalui subsistem supportive leader, organizational network serta market coordination. Subsistem pembangun bottom up system yakni melalui resources on demand, public focus dan target relative.
Unduhan
Referensi
Ahyaruddin, M., & Akbar, R. (2018). Indonesian Local Government’s Accountability and Performance: the Isomorphism Institutional Perspective. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 19(1). https://doi.org/10.18196/jai.190187
Alsharari, N. M., & Abougamos, H. (2017). The processes of accounting changes as emerging from public and fiscal reforms. Asian Review of Accounting, 25(1), 2–33. https://doi.org/10.1108/ARA-01-2016-0007
Anessi-Pessina, E., Barbera, C., Sicilia, M., & Steccolini, I. (2016). Public sector budgeting: a European review of accounting and public management journals. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 29(3), 491–519. https://doi.org/10.1108/AAAJ-11-2013-1532
Aranda, C., Arellano, J., & Davila, A. (2014). Ratcheting and the Role of Relative Target Setting. The Accounting Review, 89(4), 1197–1226. https://doi.org/10.2308/accr-50733
Ariwibawa, Y., Rachmina, D., & Falatehan, A. F. (2018). Strategi Peningkatan Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Pada Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 10(1). https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v10i1.22703
Ayu Okta Rezariski. (2020). Penerapan Penganggaran Berbasis Kinerja Dan Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(4), 248–256. https://doi.org/10.36418/jiss.v1i4.43
Azhari, A. K., & Negoro, A. H. S. (2019). Desentralisasi dan Otonomi Daerah di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Intrans Publishing.
Badan Pemeriksa Keuangan. (2021). Laporan Hasil Reviu Atas Kemandirian Fiskal Pemerintah Daerah Tahun 2020.
Bank Indonesia. (2022). Laporan Perekonomian Provinsi Jawa Timur Agustus 2022. https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Jawa-Timur--Agustus-
BBRT. (2013). Beyond Budgeting Principles. Beyond Budgeting Institute. https://www.bbrt.co.uk/beyond-budgeting/bb-principles.html
BBRT. (2016). The 12 Beyond Budgeting principles. Beyond Budgeting Institute. https://bbrt.org/the-beyond-budgeting-principles/
Biswan, A. T. (2018). Praktik Sistem Penganggaran Melalui Penataan Arsitektur Dan Informasi Kinerja. Jurnal Manajemen Keuangan Publik, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.31092/jmkp.v2i1.264
Biswan, A. T., & Grafitanti, I. D. (2021). Memaknai Kembali Penganggaran Berbasis Kinerja Berdasarkan Studi Implementasi Penganggaran Sektor Publik. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 2(1), 35–56. https://doi.org/10.33105/jmp.v2i1.368
Biswan, A. T., & Widianto, H. T. (2019). Peran Beyond Budgeting Entry Scan Untuk Mengatasi Permasalahan Penganggaran Sektor Publik. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(2). https://doi.org/10.18202/jamal.2019.08.10018
Bogsnes, B., Larsson, D., Olesen, A., Player, S., & Röösli, F. (2016). Update of the Beyond Budgeting Principles. In Beyond Budgeting Institute. www.bbrt.org
CARTER, J., & AJAM, T. (2003). Local Government Fiscal Risk – Discussion Document. AFReC Pty Ltd.
Checkland, P., & Poulter, J. (2020). Soft Systems Methodology. In Systems Approaches to Making Change: A Practical Guide (pp. 201–253). Springer London. https://doi.org/10.1007/978-1-4471-7472-1_5
Creswell, J. W. (2017). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. In Yogyakarta: pustaka pelajar (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Dayanti, P. R., Eliyana, A., Emur, A. P., & Pratama, A. S. (2022). Supportive Leadership: A Literature Review. International Journal of Science and Management Studies (IJSMS), 74–80. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v5i2p109
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. (2022). Portal Data SIKD. Kementerian Keuangan RI. https://djpk.kemenkeu.go.id/portal/data/apbd
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan. (2022). Laporan Perkembangan Ekonomi dan Fiskal Daerah (Sinergi Pendanaan).
Ferizaldi. (2018). Model Akuntabilitas Birokrasi di Era Otonomi Khusus Aceh (Tinjauan Terhadap Tes Shalat dan Baca Al-Qur’an di Kabupaten Aceh Barat Daya). Jurnal Ilmu Pemerintahan Nakhoda, 17(29), 18–25. https://doi.org/10.35967/jipn.v17i29.7055
Ginting, M. C. (2018). Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial Organisasi. Jurnal Manajemen, 4(1), 23–33.
Hakim, D. B., & Falatehan, A. F. (2022). Strategi Monitoring Fiskal Daerah di Kota Cirebon. Jurnal Manajemen Agribisnis, 10(2), 887–903.
Harmon, M., & Mayer, R. T. (2014). Organization Theory for Public Administration (1st ed.). Little, Brown.
Hasaniarto, & Ishak. (2015). Analisa Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah: Studi Kasus Tuntutan Propinsi Riau Terhadap Dana Bagi Hasil Subsektor Perkebunan Kelapa Sawit. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 14(1), 36. https://doi.org/10.35967/jipn.v14i1.6173
Hesrini, E. (2015). Analisis Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Gresik. E-Jurnal Ilmu Manajemen MAGISTRA, 1(1), 56–70.
Konul Digital. (2022). Beyond Budgeting. Konul Digital GmbH. https://konul.digital/en/blog/beyond-budgeting
Kopits, G. (2014). Coping with fiscal risk. OECD Journal on Budgeting, 14(1), 47–71. https://doi.org/10.1787/budget-14-5jxrgssdqnlt
Lichtarski, J. M., & Piórkowska, K. (2021). Heterarchical Coordination in Inter-organizational Networks: Evidence from the Tourism Industry. Tourism and Hospitality Management, 27(2), 235–253. https://doi.org/10.20867/thm.27.2.1
Mercya Vaguita, W. A. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Di Kecamatan 2X11 Kayu Tanam. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(2), 79. https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7844
Mokoginta, I. S., & Asfari, D. D. (2015). Fiscal stress index sebagai sistem peringatan dini krisis fiskal di Indonesia. Research Report-Humanities and Social Science, 2.
Murifal, B. (2021). Strategi Manajemen Mengoptimalkan Kinerja dengan Konsep Beyond Budgeting. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 245. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.318
Nguyen, D. H., Weigel, C., & Hiebl, M. R. W. (2018). Beyond budgeting: review and research agenda. Journal of Accounting & Organizational Change, 14(3), 314–337. https://doi.org/10.1108/JAOC-03-2017-0028
Nkomah, B. B., Igbokwe-Ibeto, C. J., & Anazodo, R. O. (2016). Local Government Financial Autonomy?: A Comparative Analysis of Nigeria and Brazil. Oman Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 5(10), 38–54. https://doi.org/10.12816/0028092
O’Grady, W., Akroyd, C., & Scott, I. (2017). Beyond Budgeting: Distinguishing Modes of Adaptive Performance Management. In Advances in Management Accounting (Vol. 29, pp. 33–53). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/S1474-787120170000029003
Ouali, M. A., & Boussetta, M. (2017). A Comparative Study of Local Financial Autonomy in Italy, France and Morocco. European Scientific Journal, 13, 151–162.
Parwoto, P., & Halim, A. (2020). The Effects of Organizational and Political Factors on the Development of Performance Measurement System (PMS) of Local Government Institutions. Journal of Accounting and Investment, 21(2). https://doi.org/10.18196/jai.2102146
Popesko, B., Novák, P., Dvorský, J., & Papadaki, Š. (2018). The Maturity of a Budgeting System and its Influence on Corporate Performance. Acta Polytechnica Hungarica, 14(7). https://doi.org/10.12700/APH.14.7.2017.7.6
Pramelani, P., & Widyastuti, T. (2021). Persepsi Milenial terhadap Gaya Kepemimpinan Calon Presiden Tahun 2024. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(2), 1–13. https://doi.org/10.35967/njip.v20i2.196
Rakhmayani, A. N. (2019). Manajemen Risiko pada Pengelolaan Keuangan di Daerah. TimesIndonesia. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/240658/manajemen-risiko-pada-pengelolaan-keuangan-di-daerah
Reka, C. I., Stefan, P., & Daniel, C. V. (2014). Traditional Budgeting Versus Beyond Budgeting: A Literature Review. Annals of the University of Oradea: Economic Science, Vol 23, Iss 1, Pp 573-581 (2014). https://doaj.org/article/42df384c56d6467eb21f1702870bf145
Röösli, F., & Kaduthanam, S. (2018). Beyond Budgeting as a mindset and a framework for action. Management Journal Changement, 4, 20–22.
Samudrage, D. N., & Beddage, H. S. (2018). Status and Challenges in Implementing Beyond Budgeting: Evidence from Sri Lanka. International Business Research, 11(12), 113. https://doi.org/10.5539/ibr.v11n12p113
Sanjaya, I., Martini, R., & Ahnaf, M. F. (2021). Fiscal Stress: Growth Aspects of Pad, Growth of Capital Expenditure, and Economic Growth. 4th Forum in Research, Science, and Technology (FIRST-T3-20), 177–183.
Santis, S. (2020). The demographic and economic determinants of financial sustainability: an analysis of Italian local governments. Sustainability, 12(18), 7599.
Saragih, J. P. (2016). Politik Desentralisasi Fiskal: Permasalahan Dalam Implementasi. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 5(2).
Sarman, P. H. S. (2020). Kepemimpinan Perubahan Menuju Kesiapan Implementasi Model Penganggaran Adaptif (Studi Kasus di PT. Bumi Empon Mustiko) [Thesis]. Universitas Sanata Dharma.
Sasmito, Y. (2022). Analisis Profesionalitas Aparatur Sipil Negara Berdasarkan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN (IP ASN) di Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 31–43. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.262
Septira, F., & Prawira, I. F. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fiscal Stress. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 57–64.
Shin, Y., Oh, W. K., Sim, C. H., & Lee, J. Y. (2016). A multilevel study of supportive leadership and individual work outcomes: The mediating roles of team cooperation, job satisfaction, and team commitment. Journal of Applied Business Research, 32(1), 55–70. https://doi.org/10.19030/jabr.v32i1.9523
Shoesmith, D., Franklin, N., & Hidayat, R. (2020). Decentralised Governance in Indonesia’s Disadvantaged Regions: A Critique of the Underperforming Model of Local Governance in Eastern Indonesia. Journal of Current Southeast Asian Affairs, 39(3), 359–380.
Sofyani, H. (2018). Does Performance-Based Budgeting Have a Correlation with Performance Measurement System? Evidence from Local Government in Indonesia. Foundations of Management, 10(1), 163–176. https://doi.org/10.2478/fman-2018-0013
Sofyani, H., & Akbar, R. (2013). Hubungan Faktor Internal Institusi Dan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Di Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 10(2), 184–205. https://doi.org/10.21002/jaki.2013.10
Stange, S., Bogsnes, B., & Sheth, H. (2021). Going Beyond Budgeting | BCG. Boston Consulting Group. https://www.bcg.com/publications/2021/the-future-is-beyond-budgeting
Suyanto, S. (2017). Kajian Ketimpangan Fiskal (Fiscal Imbalance) Dan Kebijakan Desentralisasi Fiskal Pada Daerah Otonom. Develop, 1(1).
Thelle, H. (2013). Public Interest as Concept and Legal Practice in China. Journal of Political Sciences & Public Affairs, 01(03). https://doi.org/10.4172/2332-0761.1000109
Tinov, M. Y. T., Marta, A., Asrida, W., Hasanuddin, & Ishak. (2022). Local Political Leadership for Sustainable Forest Management (Case in Riau Province). Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 85–94.
Ujwary-Gil, A. (2019). Organizational network analysis: A study of a university library from a network efficiency perspective. Library and Information Science Research, 41(1), 48–57. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2019.02.007
Wang, Y., Chin, T., Caputo, F., & Liu, H. (2022). How Supportive Leadership Promotes Employee Innovation under Uncertainty: Evidence from Chinese E-Commerce Industry. Sustainability (Switzerland), 14(12). https://doi.org/10.3390/su14127491
Wicaksono, D. A. (2015). Transformasi Pengaturan Distribusi Urusan Pemerintahan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintahan Daerah. PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law), 2(3), 463–482. https://doi.org/10.22304/pjih.v2n3.a3
Zulkarnain, & Hadiyani, S. (2014). Peranan Komitmen Organisasi dan Employee Engagement terhadap Kesiapan Karyawan untuk Berubah. Jurnal Psikologi, 41(1), 17. https://doi.org/10.22146/jpsi.6955
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dina Suryawati, Anwar, Agus Suharsono, Hermanto Rohman, Alfareza Firdaus
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.