Analisis Profesionalitas Aparatur Sipil Negara Berdasarkan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN (IP ASN) di Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Penulis

  • Yunindyo Sasmito Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.262

Kata Kunci:

Pandemi, Profesionalitas, ASN, Indeks Profesionalitas

Abstrak

Penelitian ini menganalisis tingkat profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penghitungan Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (IP ASN). Data bersumber dari Kuesioner IP ASN seluruh PNS di lingkungan BAPPEDA yang berjumlah 74 Orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalitas ASN BAPPEDA masuk dalam kategori sedang dengan nilai IP ASN BAPPEDA rata-rata 72,90. Dari Keempat dimensi yang ada, BAPPEDA unggul di Dimensi Disiplin dengan tidak ada PNS yang menerima hukuman disiplin, Dimensi Kinerja mayoritas memperoleh predikat baik, dan Dimensi Kualifikasi dengan jenjang pendidikan yang telah memenuhi syarat jabatan. Kemudian Dimensi Kompetensi melihat adanya 1 (satu) pejabat struktural belum melaksanakan Diklat Kepemimpinan dan 7 pejabat fungsional belum melaksanakan Diklat Fungsional, 57 persen sudah mengikuti diklat teknis, dan 72 persen sudah mengikuti seminar/workshop. Peningkatan pengembangan kompetensi diperlukan dalam rangka meningkatkan profesionalitas pegawai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asrariyah, s. (2013). Profesionalisme Aparatur Dalam Pelayanan Publik di Kantor Camat Samarinda Ulu Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan,, 1(1), 149-164.

BKN. (2019). Peraturan BKN Nomor 8 tahun 2019. Jakarta.

Hamalik, O. (2000). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung, Indoneisa: Y.P Pemindo.

Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Indonesia.

Juliani, H. (2019). Perubahan Perilaku Aparatur sebagai Model dalam Mewujudkan Reformasi Birokrasi yang Berkualitas. Administrative Law and Governance Journal, 2(1), 113-125. doi:10.14710/alj.v2i1.113-125

KBBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus Versi Online/daring (dalam jaringan). Retrieved from Arti Profesionalitas: https://kbbi.web.id/profesionalitas

Komara, E. (2019, Maret). Kompetensi Profesional Pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) di Indonesia. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 73-84. doi:10.17509/mimbardik.v4i1.16971

Miles, A., & Huberman, M. (1994). Miles, M.B & Huberman, A. . (1994). Anexpanded sourcebook: Qualitative data analysis (2nd Edition). Sage Publications.

PAN&RB, K. (2018). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengukuran Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara.

Poerwopoespito, O., & Oetomo, T. (2000). Menggugah Mentalitas Profesional dan Pengusaha. Grasindo: Gramedia.

Prasodjo, E., & Rudita, L. (2014). Undang-Undang Aparatur Sipil Negara: Membangun Profesionalisme Aparatur Sipil Negara. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 8(1), 13-31. Retrieved from https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/68/111

Rakhmawanto, A. (2017, April). Mengukur Indeks Profesionalitas ASN: Analisis Tujuan dan Kemanfaatan.

Rengifurwarin, Z. A. (2020). Analysis of Public Service Professionalism at the Department of Population and Civil Registration Ambon City. International Journal of Science and Society, 2(4), 383-403. Retrieved from http://ijsoc.goacademica.com

Ridwan, M. (2011). Peningkatan Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil Dilihat Dari Sistem Rekrutmen Berbasis Kompetensi. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 10(15), 48-58. doi:https://doi.org/10.35967/jipn.v10i1.1600

Risalbi, H. H., Cikusin, Y., & Hayat. (2021). Responsivitas Pelayanan Publik Dinas Perhubungan Kota Malang terhadap Tingginya Tingkat Pengaduan Masyarakat. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 93-105. doi:10.35967/njip.v20i1.135

Rosyadi, S. (2014). Prospek Pengembangan Aparatur Sipil Negara Berbasis Merit: Peluang Dan Tantangan Untuk Membangun Birokrasi Profesional Dan Berintegritas. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 53-60.

Rusfiana, Y., & Suprianta, C. (2021). Memahami Birokrasi Pemerintahan dan Perkembangannya. In Memahami Birokrasi Pemerintahan dan Perkembangannya (p. 6). Bandung: Alfabeta.

Saksono, H. (2020). Innovation Hub: Media Kolaborasi Menuju Pemerintah Daerah Inovatif. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(1). doi:https://doi.org/10.35967/jipn

Septian, A. W. (2021). Alternative Approach To The Professionalism In Civil Servant: A Literature Review. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(10), 1632-1645.

Shegenovna, I. A. (2014). Impact of the Professionalism of Civil Service of Kazakhstan on Political Modernization. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 247-250. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.397

Soedaryono. (2000). Tata Laksana Kantor. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudrajat, T. (2014). Eksistensi Kebijakan Pengisian Jabatan Struktural Dalam Kerangka Pengembangan Sdm Aparatur Berbasis Merit. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 8(1), 61-72. Retrieved from https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/73

Sugiastuti. (2020). Profesionalisme Sebagai Pelayan Masyarakat Melalui Konsistensi Sikap Perilaku dan Penguatan Kompetensi Bidang Tugas Calon Pegawai Aparatur Sipil Negera Peserta pelatihan Dasar Golongan II Provinsi Sumatera Selatan di Kota Palembang. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(2), 93-102. doi:10.33395/juripol.v3i1.10490

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suherry, Jenawi, B., Setyadihardja, R., Karim, Z. A., Setiawan, F., & R. A. (2020). Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bintan. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(1), 102-112. doi:https://doi.org/10.35967/jipn

Wiryanto, W. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara dalam Rangka Reformasi Administrasi. Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, (pp. 102-111). Jember.

Yasa, A., Suswanta, Rafi, M., Rahmanto, F., Setiawan, D., & Fadhlurrohman, M. I. (2021). Penguatan Reformasi Birokrasi Menuju Era Society 5.0 di Indonesia. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 27-42. doi:10.35967/njip.v20i1.139

Yuryeva, O. V., Butov, G. N., Malganova, I. G., & Pratchenko, O. V. (2015). Professionalism of Civil Servants as the Factor of Public Administration Efficiency Growth. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 481-485. doi:10.5901/mjss.2015.v6n1s3p481

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Sasmito, Y. (2022). Analisis Profesionalitas Aparatur Sipil Negara Berdasarkan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN (IP ASN) di Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 31–43. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.262

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.