Inovasi Pelayanan KTP Elektronik Melalui Aplikasi Temanggung Gandem pada Masa Pandemi COVID-19

Penulis

  • Muhammad Faris Aldiansyah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Atik Septi Winarsih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.272

Kata Kunci:

Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi Temanggung Gandem, Pandemi Covid-19

Abstrak

Pandemi COVID-19 membuat pelaksanaan pelayanan publik dialihkan secara daring. Dindukcapil Temanggung membuat Aplikasi Temanggung Gandem sebagai inovasi pelayanan secara online pada masa pandemi COVID-19. Aplikasi ini memiliki 12 jenis pelayanan yang dapat di akses salah satunya pelayanan KTP Elektronik yang menjadi fokus penelitian saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kebaruan dalam pelayanan KTP Elektronik di aplikasi ini yaitu dalam sistem pelayanan, jenis pelayanan, sistem antrean. Pelayanan KTP Elektronik di aplikasi ini juga menunjukkan adanya kebermanfaatan terlihat dari peningkatan penggunaan layanan yang signifikan selama pandemi. Pelayanan KTP Elektronik di aplikasi ini tidak menunjukkan adanya kriteria problem-solving karena dari ulasan yang ada sebanyak 61,45% menganggap aplikasi ini belum bisa menjadi solusi di masa pandemi. Pelayanan KTP Elektronik di aplikasi ini menunjukkan adanya berkesinambungan dengan selalu adanya penambahan 2 jenis inovasi pelayanan setiap tahun. Pelayanan KTP Elektronik di aplikasi ini menunjukkan adanya kriteria kompatibilitas karena dasar pembuatan aplikasi ini berpedoman pada regulasi dan perencanaan seperti Permendagri 7/2019, Perda 9/2019, Renstra Dukcapil Temanggung 2019-2023, program Dukcapil Go Digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnan, I. S. Y. M. F. (2022). Efektivitas Penerapan Aplikasi Dukcapil Ceria Mobile Dalam Upaya Mendukung Pemerintahan Berbasis Elektronik ( E-Government ). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 1982–1994. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2605

Al-Hamdi, R., Sakir, Suswanta, Atmojo, M. E., & Efendi, D. (2020). Penelitian Kualitatif (Cetakan I). Pustaka Pelajar.

Andayu, N. P. (2020). Transformasi Digital, Pelayanan Publik di Masa Pandemi. Ombudsman Republik Indonesia. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--transformasi-digital-pelayanan-publik-di-masa-pandemi

Andhika, J. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Bagi Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Ombudsman Republik Indonesia. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--dampak-pandemi-COVID-19-bagi-penyelenggaraan-pelayanan-publik

Argueso, C. T., Assmann, S. M., Birnbaum, K. D., Chen, S., Dinneny, J. R., Doherty, C. J., Eveland, A. L., Friesner, J., Greenlee, V. R., Law, J. A., Marshall-Colón, A., Mason, G. A., O’Lexy, R., Peck, S. C., Schmitz, R. J., Song, L., Stern, D., Varagona, M. J., Walley, J. W., & Williams, C. M. (2019). Directions for research and training in plant omics: Big Questions and Big Data. Plant Direct, 3(4), 1–16. https://doi.org/10.1002/pld3.133

Azhari, A. K. (2018). Pengelolaan Potensi Wisata di Daerah Otonom Bertumpu Kreativitas dan Inovasi Aparatur Pemerintah Daerah. 2(21), 1–9.

Creswell, J. W. (2019). Research Design. Pustaka Pelajar.

Deby, L., Putri, M., & Mutiarin, D. (2018). Efektifitas inovasi kebijakan publik; Pengaruhnya pada kualitas pelayanan publik di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA), 1–16.

Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456

Fayyadh, M. (2021). Inovasi Pelayanan E-KTP Di Masa Pandemi COVID 19 (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 19.

Febri Ramadhan, R., & Tamaya, V. (2021). Standar Pelayanan Publik di Masa Pandemi COVID-19: Studi Pelayanan Perpustakaan ITERA. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.365

Gad Langelo, M. O., Pratiknjo, M., & Lotulung, L. (2021). Pelayanan Publik Pada Era New Normal Di Samsat Kabupaten Minahasa Utara. 17, 509–520.

Hafid Risalbi, H., Cikusin, Y., & Hayat, H. (2021). Responsivitas Pelayanan Publik Dinas Perhubungan Kota Malang terhadap Tingginya Tingkat Pengaduan Masyarakat. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 93–105. https://doi.org/10.35967/njip.v20i1.135

Hamrun, H., Harakan, A., Prianto, A. L., & Khaerah, N. (2020). Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Pelayanan Berbasis E-Government Di Kabupaten Muna. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(2), 64. https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7808

Hanim, N. (2015). Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan(PATEN) Di Kabupaten Temenggung. Journal of Politic and Government Studies, 5(4), 71–80.

LKJIP Kabupaten Temanggung Tahun 2020. (2021). LKJIP Kabupaten Temanggung Tahun 2020. Portal Kabupaten Temanggung. https://portal.temanggungkab.go.id/info/files/2021/LKjIP Kab. Temanggung Tahun 2020.pdf

LPPD Kabupaten Temanggung Tahun 2020. (2021). LPPD Kabupaten Temanggung Tahun 2020. Portal Kabupaten Temanggung. https://portal.temanggungkab.go.id/info/files/2021/LPPD KAB. TEMANGGUNG TA 2020.pdf

LPPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020. (2021). LPPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020. Portal PPID Provinsi Jawa Tengah. https://ppid.jatengprov.go.id/laporan-akuntabilitas-kinerja-pemerintah-provinsi-jawa-tengah-lkjip/

Melinda, M., Syamsurizaldi, S., & Kabullah, M. I. (2020). Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Department of Population and Civil Registration of Padang Panjang City. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202–216. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.115

Mulyanto, D. H. (2020). The Quality In Electronic Services Jogja City Government: In Case E-KTP. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 18(2), 104. https://doi.org/10.35967/jipn.v18i2.7814

Oktamia, D. S., & Fauziah, N. M. (2018). Implementasi Kebijakan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektornik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 02(01), 1–19.

Prastya, Y. R., & Sunaningsih, S. N. (2020). Analisis Penerapan Program Inovasi Pada Disdukcapil Kota Magelang Tahun 2020. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 8(2), 122–132. https://doi.org/10.31629/juan.v8i2.2686

Rahman, K. (2017). Pelayanan Pemerintahan Yang Bertanggung Jawab. Jurnal Ilmu Pemerintahan Nakhoda, 16(28), 34–42. https://doi.org/10.35967/jipn.v16i28.5823

Setyoko, H., Rawinarno, T., & Shafira, N. (2021). Inovasi pelayanan publik pemerintah provinsi banten selama COVID-19. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten, 13(1).

Sutrisna, I. W. (2021). Penyelenggaraan pelayanan publik yang inovatif di masa pandemi COVID-19. 04(02), 21–29.

Syaidah, S. (2020). Inovasi Layanan Publik Pusat Informasi Dan Koordinasi Jawa Barat (Pikobar) Saat Pandemi COVID-19. Dialektika, 7(2), 148–158. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/1730

Tasyah, A., Jasriyani Putri, S., Agung Fernanda, R., Chesilia Azani, P., Administrasi Negara, I., & Lampung, U. (2021). Best practice kebijakan e-government dalam mengimplementasikan pelayanan publik di era new normal (Best practice of e-government policies in implementing public services in the new normal era). Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik (Jasispol), 1(1), 21–33. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.163

Unit Pencegahan Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah. (2019). Mengawal Pelayanan Publik Bersama Konco Ombudsman Media. Ombudsman Republik Indonesia. https://www.ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengawal-pelayanan-publik-bersama-konco-ombudsman-media

W.Utomo, T. W. (2017). Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Pelayanan Publik, 1–160.

Wulandira, F., Mairi, B., Sampe, S., Jacklin, L., & Lotulung, H. (2021). Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado Public Services During Covid-19 Pandemic In Bahu Sub-District Malalayang District Manado City Pendahuluan Latar Belakang. 17, 521–530.

Yandri, L. I., & Putri, T. D. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Organisasi Perangkat Daerah Kota Pariaman. Menara Ilmu, 15(2), 35–44. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/2948

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Aldiansyah, M. F., & Winarsih, A. S. (2022). Inovasi Pelayanan KTP Elektronik Melalui Aplikasi Temanggung Gandem pada Masa Pandemi COVID-19. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 14–30. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.272

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.