Penilaian E-Service Melalui Respon Pengguna Aplikasi Tangerang Live Terhadap Kepuasan Masyarakat Kota Tangerang Menggunakan SPSS Versi 26

Penulis

  • Songsong Asmoro Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Toddy Aditya Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Arif Ginanjar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Slamet Setiawan Universitas Muhammadiyah Tangerang

Kata Kunci:

E-Service, Kepuasan Masyarakat, Tangerang Live, Evaluasi, SPSS 26

Abstrak

Perkembangan teknologi di era digitalisasi membawa perubahan besar terhadap kebutuhan masyarakat khususnya di Kota Tangerang, termasuk pelayanan masyarakat berbasis elektronik (E-Service) yang terus meningkat. Oleh karena itu, pemerintah Kota Tangerang membuat aplikasi bernama Tangerang Live untuk membantu pemerintah menanggapi saran dan masukan dari masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menerapkan metode penelitian kuantitatif dengan cara mengumpulkan sampel secara acak dari total populasi pengguna aplikasi Tangerang Live sebanyak 546.111 pengguna pada tahun 2021, kemudian melakukan perhitungan menggunakan rumus Slovin sehingga mendapatkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menjadi 400 pengguna. Dan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hubungan antara variabel E-Service dengan variabel kepuasan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh yang terjadi antara kedua variabel tersebut. Dari 28 pernyataan kuesioner dinyatakan valid dan reliabel karena nilai r hitung dan nilai reliabilitas lebih besar dari nilai r tabel. Hipotesis dalam penelitian ini terbukti terdapat hubungan positif dan signifikan antara E-Service terhadap kepuasan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa semakin baik kualitas E-Service pada aplikasi Tangerang Live maka akan semakin besar yurisdiksinya terhadap tingkat kepuasan masyarakat pengguna aplikasi Tangerang Live.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, M. M., Winarno, W. W., & Haryono, K. (2021). Evaluasi Tingkat Kematangan e-Government Pada Partisipasi Masyarakat dan Pelayanan Publik Menerapkan Framework Gartner. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 99. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2606

Alfrida, R. M., & Astuti, R. S. (2019). Karakteristik Inovasi E-Service Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang (Studi Kasus Pelayanan Akta Kelahiran Dan Akta Kematian. Journal Of Public Policy And Management Review, 8(4).

Alita, E. W., Supriyadi, & Aditya, M. (2019). Sistem Layanan Informasi, Pengaduan Masyarakat Berbasis Elektronik (E-Service) Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Dan Keterrbukaan Informasi Pemerintah Kabupaten Pacitan. Public Administration Journal, 1(4), 242–255.

Melinda, M., Syamsurizaldi, S., & Kabullah, M. I. (2020). Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Department of Population and Civil Registration of Padang Panjang City. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202–216. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.115

Merdeka. (2021, December 6). Mengintip Fitur Aplikasi Tangerang Live, Ada Loker Hingga Kebutuhan Pokok. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jabar/mengintip-fitur-aplikasi-tangerang-live-ada-loker-hingga-kebutuhan-pokok.html

Muallidin, I. (2017). Konsep, Kerangka Pikir dan Nilai E-Government dan E-Service.

Mubarok, & Suparman, N. (2019). Pelayanan Publik Kontemporer. Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Noveriyanto, B., Nisa, L. C., Bahtiar, A. S., Sahri, & Irwansyah. (2018). E-Government Sebagai Layanan E-GOVERNMENT SEBAGAI LAYANAN KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA SURABAYA (Studi Kematangan e-government Sebagai Layanan Komunikasi Government to Government, Government to Citizen, Government to Business), 11, 37–53.

Noviana, R., Sulandari, & Lituhayu. (2015). Manajemen E-Government Berbasis Web Model Government-to-Citizen (G2C) Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Manajemen E-Government Berbasis Web Model Government-to-Citizen (G2C) Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Nugroho, T. W. A. (2016). Analisi E-Government Terhadap Pelayanan Publik Di Kementerian Hukum dan HAM (Analysis Of E-Government To Public Services In The Ministry Of Law And Human Rights). ANALISIS E-GOVERNMENT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM(Analysis Of E-Government To Public Services In The Ministry Of Law And Human Rights).

Oktavya, A. A. (2015). Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. 3(3), 1433–1447.

Pundenswari, P. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. www.jurnal.uniga.ac.id

Rachman, R. F. (2022). Optimalisasi Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Inovasi Surabaya Single Window. Jurnal Khazanah Intelektual, 6(2), 1428–1441. https://doi.org/10.37250/newkiki.v6i2.161

Rahman, K. (2017). Pelayanan Pemerintahan yang Bertanggung Jawab. Nakhoda, Jurnal Ilmu Pemerintahan, 16(28).

Ramadhan, R., Arifianti, R., & Riswanda. (2019). Implementasi E-Government Di Kota Tangerang Menjadi Smart City (Studi Kasus Aplikasi Tangerang Live). 140–156.

Retnowati, N. D., & Nugraheny, D. (2021). Sainstek: Jurnal Sains Dan Teknologi Government To Citizen Digital Interaction And Citizen To Government On The Jogja Smart Service Application Article History. Jurnal Sains Dan Teknologi, 90, 2580–278.

Rezha, F., Rochmah, S., & Siswidiyanto. (2013). Analisi Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). JAP, 1(5), 981–990.

Rosdiana. (2021, December 20). SP4N-LAPOR, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online di Wilayah Kota Tangerang. https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/tangerang-raya/pr-143277306/sp4n-lapor-layanan-aspirasi-dan-pengaduan-online-di-wilayah-kota-tangerang

Rukayat, Y. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasir Jambu. JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA, 11(2).

Sari, M. E. P. (2018). Peran Pemerintah Dalam Penyediaan Akses Pelayanan Publik. Jurnal Trias Politika, 2(1), 1–12.

Subiyantoro, L. J. (2020). Implementasi E-Service Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kendal. Journal Of Politic and Government Studies.

Sudirman, F. A., & Saidin, S. (2022). Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government) dan Pembangunan Berkelanjutan: Reviu Literatur Sistematis. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 44–58. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.269

Suherry, Jenawi, B., Setyadihardja, R., Karim, Z. A., Setiawan, F., & Angraini, R. (2020). Survey Kepuasan Masyarakat (Skm) Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bintan. Nakhoda, Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(1).

Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi, 1. kebijakan inovasi teknologi informasi

Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisi kualitas pelayanan publik pada politeknik pelayaran surabaya . ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA, 3.

Syaepudin, B., & Nurlukman, D. A. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Melalui E-Government dengan Aplikasi Tangerang Gemilang. Jurnal_Pekommas_Vol._7_No._1, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.30818/jpkm.2022.2070106

Taqiya, Mukaromah, & Pratama. (2020). Analisis Tingkat Kematangan Spbe Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Jawa Timur. ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN SPBE DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA JAWA TIMUR, XV.

Yamin, M. N., Guntur, M., Aminia, N., & Bakhtiar. (2021). Government To Citizen (G-to-C) Upaya Peningkatan Pemenuhan kebutuhan pelayanan di kabupaten gowa. GOVERNMENT TO CITIZEN (G-To-C) UPAYA PENINGKATAN PEMENUHAN KEBUTUHAN PELAYANAN DI KABUPATEN GOWA, XVI, 140–148.

Yuniarti, A., & Aditya, T. (2020). Service Quality Terhadap Kepuasan Masyarakat Mass Rapid Transit (MRT) DKI Jakarta Di Stasiun Lebak Bulus Pada Masa Pandemik COVID-19. JIIA, 10(2), 55–69. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIIA

Zuliansyah. (2022, October 13). Kemenaker Minta Pemkot Tangerang Bikin Talent Expo Promosikan Pencari Kerja Berkualitas. https://tangerangnews.com/kota-tangerang/read/43190/Kemenaker-Minta-Pemkot-Tangerang-Bikin-Talent-Expo-Promosikan-Pencari-Kerja-Berkualitas

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Asmoro, S., Aditya, T., Ginanjar, A., & Setiawan, S. (2024). Penilaian E-Service Melalui Respon Pengguna Aplikasi Tangerang Live Terhadap Kepuasan Masyarakat Kota Tangerang Menggunakan SPSS Versi 26. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 23(1). Diambil dari https://nakhoda.ejournal.unri.ac.id/index.php/njip/article/view/602

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.