Analisis Faktor-Faktor Dalam Pembangunan Di Desa Sei Putih Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Rafida Ulfa, Wan Asrida, Raja Muhammad Amin, Baskoro Wicaksono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pembangunan yang terjadi di desa sei putih  Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar yang berjalan kurang efektif sesuai dengan musrenbang desa yang telah dibuat oleh Pemerintah Desa. Beberapa pembangunan yang direalisasikan tidak tercapai penyelesaian pembangunan sepenuhnya sehingga bangunan yang dibuat belum bisa digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini akan membahas factor-faktor yang menghambat dalam pembangunan di desa sei baru dan menganalisis factor-faktor tersebut dilihat dari isi kebijakan dan lingkungan kebijakan.Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder sesuai dengan regulasi . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa factor-faktor yang menpengaruhi dalam pembangunan di desa sei putih kecamatan tapung kabupaten Kampar dilihat dari indikator isi kebijakan dan lingkungan kebijakan menjelaskan bahwa pelaksanaan pembangunan masih belum optimal. Hal ini dikarenakan kepentingan-kepentingan yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pembangunan yang tidak konsisten dan pengambil keputusan dari tingkat pimpinan dalam hal ini kepala desa yang belum mampu mengelola keuangan desa dengan baik dalam pembangunan dan pelaksana program yang tidak professional sehingga terjadi keterlambatan. Sedangkan melalui lingkungan kebijakan daya patuh masyrakat yang masih belum optimal di desa sei putih.


Keywords


Kebijakan, Pelaksanaan, dan Pembangunan Desa

Full Text:

PDF

References


Mulia, R. A., & Saputra, N. (2019). Kontribusi Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam.

Mulia, R. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal EL RIYASAH, 9(1), 7-21.

Nugroho, Riant, 2004. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta :PT. Gramedia

Patiliman, Hamid, 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Putri, R. P. (2018). Pemeriksaan Penggabungan Gugatan Ganti Kerugian Dalam Perkara Pidana Di Pengadilan Negeri Kelas 1B Bukittinggi. Soumatera Law Review, 1(1), 176-197.

Sujianto, 2009. Pemberdayaan Menuju Masyarakat Mandiri. Pekanbaru : Alfa Riau

Sujianto, 2008. Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Praktek. Pekanbaru : Alfa Riau

Strauss, Anselm & Corbin Juliet. 2003. Dasar- Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winarno, Budi . 2012. Kebijakan Publik, Teori, Proses dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS




DOI: http://dx.doi.org/10.35967/jipn.v18i1.7806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License

Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License© All rights reserved 2004. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan ISSN 1829-5827 and E-ISSN 2656-5277